Dalam menulis sebuah karya apalagi yang sifatnya ilmiah tentu saja memiliki asas penulisan karya ilmiah yang benar dan harus diperhatikan dengan baik. Asas ini tentunya harus dipenuhi dengan baik agar nantinya hasil karya tulisan Anda tersebut bisa memberikan informasi yang baik dan berkualitas untuk para pembaca.

Ada beberapa asas yang perlu diperhatikan sebaik mungkin pemenuhannya. Jangan sampai Anda melewatkan salah satu asas yang memang harus ada dalam sebuah karya ilmiah. Sehingga informasi yang diberikan utuh dan memberikan manfaat yang optimal berdasarkan fungsi dari karya ilmiah itu sendiri saat dipublikasikan.

 

Asas Nalar yang Masuk Akal

Adanya asas penalaran dalam sebuah karya yang bersifat ilmiah tentu saja harus dipenuhi dengan tepat. Sehingga nantinya karya ilmiah ini cukup rasional untuk dimengerti setiap pembacanya. Masuk akal dan jujur adalah dua hal yang memang harus ada dalam karya ilmiah yang dipublikasikan agar tidak menimbulkan persepsi yang salah.

 

Asas Tanggung Jawab

Anda harus bertanggung jawab untuk setiap hal yang dituliskan di dalamnya harus benar-benar sesuatu yang sudah dibuktikan. Dalam memberikan manfaat untuk orang lain, tentu saja tidak boleh sembarangan dalam menuliskan informasi di dalamnya. Tentu saja asas penulisan karya ilmiah ini menjadi salah satu yang paling penting untuk diperhatikan sebaik mungkin. Maka Anda harus benar-benar dalam melakukan survei hingga penelitian secara khusus untuk mengkaji masalah yang ingin dijadikan sebagai tema dalam karya ilmiah tersebut.

 

Asas Adil dan Kebhinekaan

Dalam sebuah karya ilmiah, jangan sampai Anda terkesan membela ras aau golongan tertentu. Isi dari karya ilmiah yang dibuat harus bisa dijangkau oleh siapa saja dan tentunya bisa diterima dengan baik. Ini adalah salah satu ciri dari karya ilmiah yang baik dan tepat untuk dikembangkan. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan setiap hal yang ada di dalamnya agar tidak sampai menyinggung golongan tertentu.

 

Asas Manfaat

Asas manfaat ini juga menjadi salah satu yang harus ditekankan untuk dimiliki dalam karya ilmiah Anda. Dalam penulisan karya ilmiah tentu asas manfaatnya untuk orang lain adalah hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Sehingga nantinya karya ilmiah ini bisa dijadikan sebagai problem solving untuk masalah tertentu yang variabelnya terbahas di dalamnya.

 

Jika karya ilmiah Anda sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan maka nantinya Anda juga bisa membuatnya menjadi sebuah karya buku yang dipublikasikan secara lebih luas. Dengan begitu segmen pembacanya juga akan menjadi lebih luas dan bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi. Jadi dalam penulisan karya ilmiah Anda harus memperhatikan berbagai asas penting yang harus ada di dalamnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat