Semua orang yang suka dunia menulis tentu akan berusaha untuk bisa menerbitkan karya tulisannya, sehingga perlu mempertimbangkan cara mengirimkan naskah ke penerbit dengan baik. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengirimkan naskah tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan tahap persiapan terlebih dahulu. Dengan begitu ketika nantinya naskah Anda masuk ke penerbit sudah dalam keadaan rapi dan berkualitas untuk memudahkan proses selanjutnya.

 

Ambil Jeda Waktu

Sebelum Anda melakukan self editing maka ambillah jeda sebelum melakukannya. Dikarenakan setiap hari Anda sudah menulis dan membaca setiap hal yang ada dalam naskah tersebut maka akan membuat Anda kesulitan untuk menemukan kesalahan pada naskah. Sehingga jauhkan diri Anda dari naskah terlebih dahulu selama beberapa hari agar Anda melupakan tulisan tersebut, sehingga saat melakukan self editing seakan naskah tersebut ditulis oleh orang lain dan lebih mudah untuk menemukan kesalahan yang ada di dalamnya.

 

Mencari Kata-Kata yang Biasanya Salah Ditulis

Meskipun sudah sering melakukan proses menulis, tetapi masih banyak orang yang ternyata salah dalam menggunakan kata baku dalam karya tulisannya. Maka untuk itu, Anda perlu untuk mencari informasi tentang kata-kata yang biasanya salah saat dituliskan. Bisa juga dengan melakukan pengecekan di KBBI, sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui kesalahan yang ada pada naskah lebih detail dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata tersebut.

 

Menemukan Kata yang Banyak Digunakan

Melakukan pengecekan ulang sebelum mengirimkan naskah ke penerbit adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terkadang dalam menulis kita tidak sadar jika menggunakan kalimat tertentu secara berulang di banyak bagian naskah. Sehingga Anda perlu untuk melakukan pengecekan pada poin tersebut dengan teliti. Jika menemukan kata yang terlalu sering digunakan sebaiknya diganti dan disesuaikan agar kalimatnya menjadi lebih efektif.

 

Edit Bagian Tanda Baca dan Penulisan

Masalah dalam penulisan naskah yang paling banyak terjadi adalah tanda baca dan adanya spasi yang ganda. Sehingga Anda perlu untuk melakukan pengecekan dengan baik mengenai detail tersebut. Pastikan Anda sudah mengeceknya sebelum mengirimkan naskah ke penerbit agar nantinya akan memudahkan proses editing di bagian penerbit dan proses cetaknya juga akan lebih cepat.

 

Perhatikan Format Pengirimannya

Setiap penerbit tentu memiliki format tertentu untuk menerima naskah dari para penulis. Maka Anda perlu untuk mengetahui hal tersebut dengan baik. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk proses selanjutnya di pihak penerbit. Jadi cek terlebih dahulu formatnya dan penuhi dengan baik agar naskah Anda dikirimkan dalam keadaan sudah tepat format dan penulisannya.

 

Beberapa hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan dengan baik karena berkaitan dengan kualitas naskah Anda. Maka sebelum mengirimkan naskah ke penerbit pastikan berbagai langkah tersebut sudah Anda lakukan dengan baik, sehingga kualitas naskah sudah matang saat dikirimkan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat