Dalam membuat buku ajar yang baik maka ada beberapa kriteria yang memang harus dipenuhi dengan baik. Pemenuhan kriteria ini tentunya akan sangat membantu nantinya untuk mencapai penulisan yang lebih berkualitas serta tepat sasaran untuk buku ajar yang sedang dibuat. Kriteria ini akan menjadikan buku ajar lebih terarah proses penyelesaiannya dan tentunya sesuai dengan kebutuhan pengajaran yang ada.

 

Mampu Memberikan Motivasi

Saat menulis buku ajar yang baik jangan lupa untuk menyelipkan motivasi untuk para pembacanya nanti. Dengan begitu nantinya para siswa yang belajar menggunakan buku ajar tersebut juga akan merasa lebih nyaman saat belajar. Ada dorongan bagi mereka untuk belajar lebih giat jika kalimat motivasi yang digunakan memang sudah tepat. Sehingga nantinya buku ini tidak hanya berguna untuk menjadi bahan ajar, tetapi juga memberikan manfaat dan perubahan dalam diri para siswa.

 

Memberikan Stimulasi yang Tepat Untuk Otak

 Akan sangat baik jika dalam proses pengajaran otak siswa bisa terstimulasi dengan baik. Sehingga nantinya akan ada proses pembelajaran yang memberikan perubahan yang tepat bagi para siswa. Anda bisa menambahkan tugas yang membuat anak bergerak saat mengerjakan, atau tampilan buku yang tidak monoton berupa naskah. Sehingga saat anak belajar juga tidak akan bosan saat melihat buku tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan penggunaan gambar dan ilustrasi di dalamnya sekaligus untuk memperjelas materi yang dituliskan.

 

Menghargai Pribadi Siswa

 Isi materi yang disampaikan dalam buku ajar yang baik adalah yang mampu mengargai pribadi para siswa. Buku yang Anda tuis harus bisa memberikan keleluasaan bagi para siswa sehingga mereka tetap merasa nyaman saat sedang membaca dan belajar dengan buku ajar tersebut. Dengan cara ini juga Anda bisa menumbuhkan kesadaran para siswa untuk bisa mengeksplorasi kemampuan dan kreativitasnya saat sedang belajar.

 

Ada Konsep yang Jelas

Dalam sebuah buku pastinya harus ada konsep yang jelas dan sudah direncanakan dengan baik sejak awal. Hal ini akan membantu agar para siswa tidak bosan saat melihat buku pelajarannya. Saat ini sudah banyak desain layout untuk buku ajar yang berbeda dan disukai oleh anak masa kini. Mengikuti perkembangan yang ada tentunya akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi para siswa saat belajar, sehingga nantinya materi yang dipelajari juga akan lebih mudah untuk dipahami dengan baik.

 

Dengan adanya pemenuhan beberapa kriteria tersebut maka kualitas buku ajar yang Anda buat juga akan meningkat. Sehingga hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar para siswa. Ketika mereka merasa senang dan nyaman dengan buku pelajarannya maka akan lebih menyenangkan saat belajar, Itulah fungsi dari membuat buku ajar yang baik yang tidak hanya lengkap, tetapi juga menarik.

Shopping cart

0

No products in the cart.