Menulis memang dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dan berbagai profesi termasuk manfaat menulis untuk dosen. Sebagai seorang dosen tentunya tidak hanya jadwal mengajar yang harus dipenuhi dan dilakukan. Tetapi seorang dosen juga harus berkarya dan menghasilkan sesuatu. Biasanya dosen juga akan dituntut untuk melakukan penelitian dan membuat karya ilmiah.

Namun selain karya ilmiah, tentunya akan sangat bermanfaat jika seorang dosen juga menulis sebuah buku. Menghasilkan karya dalam bentuk buku tentunya mampu memberikan banyak manfaat untuk dosen. Sehingga Anda perlu untuk mulai mempertimbangkan membuat karya buku ini dalam perjanan karier sebagai seorang dosen.

Membantu Proses Kenaikan Pangkat

 Karya buku yang Anda hasilkan bisa meningkatkan nilai angka kredit cukup tinggi untuk bisa digunakan untuk kenaikan pangkat lebih cepat. Bahkan ketika buku karya Anda diterbitkan maka juga bisa membantu akreditasi dari insitusi tempat Anda bekerja. Tentunya jika bisa mencapai hal tersebut manfaat menulis untuk dosen adalah meningkatkan kualitas Anda sebagai dosen di mata orang lain.

Membangun Citra Diri yang Baik

 Sebagai seorang dosen yang bisa menghasilkan sebuah karya buku maka sudah tentu citra diri atau personal branding Anda akan meningkat di mata orang lain. Tentunya manfaat ini akan sangat menguntungkan jika Anda bisa menyelesaikannya dengan baik. Personal branding ini memang bisa dibangun dengan banyak cara, tetapi dengan menulis buku maka akan ada citra berbeda yang muncul karena memang tidak semua dosen bisa melakukannya.

Mendapatkan Keuntungan Lebih

 Salah satu manfaat menulis untuk dosen lain yang bisa Anda dapatkan nantinya sudah tentu adalah keuntungan atau penghasilan tambahan. Jika Anda bekerja sama dengan pihak penerbit yang memang sudah profesional dan berpengalaman di bidangnya maka proses penjualan buku tersebut tidak akan terlalu sulit untuk dilakukan. Baik menggunakan sistem royalti atau apa pun kesepakatan Anda dengan pihak penerbit tetap akan mendatangkan keuntungan lebih yang bisa dirasakan dengan baik setelah buku Anda berhasil terbit nantinya.

Memberikan Manfaat Lebih Besar

 Ketika seorang dosen menuliskan gagasannya melalui sebuah karya buku dan dipublikasikan maka sudah tentu akan ada lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa atau orang-orang di sekitar, tetapi pembaca yang lebih luas lagi. Tentunya hal ini membuat Anda juga bisa lebih dikenal banyak orang dengan pemikiran atau gagasan yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga orang lain secara luas.

Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan pihak penerbit yang sudah berpengalaman dan profesional. Mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil cetakan buku yang terbaik sehingga bisa menarik perhatian banyak orang, termasuk langkah promosi yang akan dilakukan. Sehingga penting bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan manfaat menulis untuk dosen untuk dimaksimalkan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.