Menulis pada anak tentu saja perlu diperhatikan dengan baik agar nantinya bisa dikawal dengan baik, sehingga Anda perlu memahami terkait perkembangan menulis anak usia dini. Pemahaman ini akan membantu Anda untuk menentukan perkembangan seperti apa yang ingin dikembangkan lagi. Anda juga bisa memantau perkembangan anak sudah sesuai dengan perkembangan yang seharusnya.

 

Tahapan Mencoret Sesukanya (Scribble Stage)

Anak-anak pada tahap ini akan belajar untuk menggunakan berbagai alat tulis. Mereka akan mulai untuk mencoret-coret sesuka hatinya dengan hasil yang abstrak. Pada tahap ini Anda bisa menyediakan berbagai alat dan media untuk menulis seperti kertas, bolpoin, pensil, krayon, hingga cat warna. Sehingga dengan begitu mereka akan memiliki media yang berbeda untuk belajar dengan kesan yang juga berbeda.

 

Tahapan Pengulangan Linear (Linear Repetitive Stage)

Pada tahapan ini anak akan mulai untuk menulis seperti sedang menggambar rumput, sehingga dia sebenarnya meniru tulisan secara linear. Pada tahap ini Anda bisa mengajak anak untuk bermain peran seperti sedang berada di restoran dan anak bisa menirukan peran sebagai pramusaji yang menuliskan menu pesanan di secarik kertas. Biarkan anak Anda membuat gambaran seperti tulisan yang mungkin tidak jelas.

 

Menulis Random (Random Letter Stage)

Selanjutnya perkembangan menulis anak usia dini mereka akan mulai untuk menuliskan huruf-huruf meskipun secara acak. Anda bisa mendampingi anak untuk membuat bentuk huruf satu per satu. Tidak masalah jika mereka membuat bentuk huruf sesukanya, Anda tinggal mendampingi dan memperbaiki. Bisa juga diajak dengan bermain seperti kegiatan menceritakan gambar yang sudah dibuat oleh anak Anda. Proses belajar ini juga membantu untuk mengembangkan ide yang dimiliki oleh anak.

 

Menulis Namanya Sendiri

Pada tahap akhir ini anak bisa mulai untuk menuliskan namanya sendiri. Sehingga dia mulai untuk bisa menghubungkan antara tulisan dan bunyi. Mereka biasanya akan menulis sesuai dengan apa yang mereka dengar. Sehingga Anda perlu memahami hal tersebut dan membimbingnya dengan benar. Latihan akan membuat perkembangan menulis anak usia dini ini terus berkembang dengan baik sesuai usianya.

 

Tidak perlu memaksakan perkembangan menulis pada anak karena semua ada waktunya sendiri. Anda tinggal mengembangkannya secara perlahan sesuai usia anak. Membiasakan anak untuk menulis sejak dini melalui cara bermain akan menjadi cara yang paling cepat dan tepat untuk dilakukan. Untuk itu jika Anda memahami perkembangan menulis anak usia dini dengan baik maka akan membantu memaksimalkan potensi setiap anak.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.