Berkarya dalam bentuk tulisan memang bisa menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa sehingga untuk bisa sukses menulis buku ternyata juga ada rahasianya. Bahkan trik atau rahasia menulis ini juga diungkapkan oleh banyak para penulis ternama yang karyanya sudah mendunia. Memang segalanya akan membutuhkan proses, tetapi setiap langka yang Anda lakukan tentunya juga harus berdasarkan perencanaan yang matang.

Mengambil Tema yang Membuat Anda Tertarik

Hal yang paling utama perlu diperhatikan adalah pemilihan tema dan konsep buku yang ingin ditulis. Jika Anda memilih tema yang memang disukai maka akan lebih menyenangkan dan nyaman saat menulis. Apalagi untuk para penulis pemula yang masih membutuhkan motivasi tambahan dalam menyelesaikan karya bukunya. Jadi yang harus Anda tanamkan dalam diri adalah menulis sesuatu karena memang Anda ingin menulis hal tersebut, jika nantinya hal tersebut bisa memberikan manfaat besar untuk lingkungan dan pembaca itu adalah keuntungan tambahan, tetapi bukan target utama Anda.

Bercerita Tentang Pengalaman yang Selalu Diingat

 Buku bergenre apa pun itu, kebanyakan memang merupakan pengalaman hidup penulis yang dituangkan dalam sebuah karya tulisan. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya diceritakan secara detail, tetapi itu adalah bagian dari pengalaman hidupnya. Hal ini selain memudahkan Anda dalam proses menulis juga akan membantu untuk mengingat berbagai momen hebat dalam hidup Anda dan memaknainya dengan cara yang benar.

Memiliki Keinginan yang Kuat

 Keinginan yang benar-benar kuat jadi salah satu kunci sukses menulis buku yang harus Anda tanamkan dengan baik. Keinginan ini akan jadi penguat langkah Anda dalam upaya terus mengembangkan kemampuan dalam menulis. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang besar untuk Anda rasakan ketika dalam proses menulis buku. Tentunya selama proses tersebut akan ada begitu banyak hambatan dan keinginan yang kuat bisa menjadi solusi yang Anda gunakan dalam menghalau berbagai kendala yang ada.

Hindari Terlalu Perfeksionis di Awal

Jika Anda memiliki sikap yang perfeksionis pada segala hal yang dilakukan maka sebaiknya Anda menahan diri untuk melakukannya saat awal proses menulis. Hal ini dikarenakan sifat perfeksionis justru akan menjadi hambatan tersendiri untuk Anda karena memperlambat proses penyelesaikan buku. Akan ada banyak hal yang harus diubah karena dirasa belum sempurna, padahal naskah belum diselesaikan sampai akhir. Kebiasaan seperti ini justru akan membuat Anda merasa lelah dan bosan dengan naskah atau tulisan yang dikerjakan.

 

Dengan memperhatikan beberapa trik rahasia agar bisa sukses dalam menulis buku tersebut maka Anda akan merasakan manfaatnya. Membuat target dan menjaga agar pikiran Anda tidak terlalu stres saat mengerjakan karya tulisan tersebut sangatlah penting, tetapi hal yang lebih penting adalah menyelesaikan karya tersebut dengan baik. Jadi tidak ada alasan lagi, Anda sendiri juga bisa sukses menulis buku dan menghasilkan karya terbaik. Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat