Hingga saat ini menulis dan menerbitkan buku masih dianggap sebagai sesuatu yang sulit untuk dilakukan, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada teknik menulis buku yang mudah diaplikasikan. Mencoba langkah yang tepat dan membuat Anda nyaman maka tidak lagi sulit untuk bisa menulis buku dengan baik.

 

Mematangkan Tahap Perencanaan

Tema dan konsep utama dari naskah yang akan Anda tulis perlu untuk ditentukan terlebih dahulu. Tidak perlu bingung saat menentukan tema, Anda bisa memulainya dari sesuatu yang paling Anda sukai atau ada di sekitar. Bahkan buku yang ditulis juga bisa menceritakan tentang pengalaman pribadi Anda. Sebaiknya tema yang Anda pilih cukup spesifik sehingga nantinya akan lebih mudah untuk mengembangkannya dan menjaga fokus agar tidak melebar pembahasannya.

 

Menulis Naskah Awal

Naskah awal ini bisa dikatakan sebagai naskah kasar. Sebelum itu Anda bisa membuat outline buku yang akan membantu untuk mengarahkan proses penulisan selanjutnya. Pastikan bahwa outline yang dibuat tidak sampai jauh dari tema yang sudah dipilih. Melakukan teknik menulis buku yang satu ini sangat penting untuk dioptimalkan karena akan membantu untuk menjaga tulisan Anda tetap pada koridor yang ditentukan.

 

Menulis Naskah

Dalam proses menulis nakah ini Anda bisa mulai untuk menuliskan ide-ide di setiap subbab yang sudah ditentukan dalam proses pembuatan outline di tahap sebelumnya. Anda perlu menentukan target penyelesaian proses menulis ini agar nantinya tidak terlalu berlarut dan akhirnya terbengkalai menjadi sebuah draft. Namun Anda perlu menyesuaikan target tersebut dengan kemampuan yang dimiliki. Jika Anda masih dalam fase pemula maka bisa membuat target yang bisa tetap membuat Anda merasa nyaman dan tidak terbebani, sehingga proses menulis akan tetap menyenangkan.

 

Pengecekan Naskah

Tahap pengecekan atau penyuntingan ini sangat penting dilakukan. Pastikan bahwa Anda melakukannya setelah naskah selesai ditulis, bukan pada saat proses menulis sedang berlangsung. Penyuntingan ini dilakukan untuk menemukan kata yang salah ketik atau mungkin ada bagian yang perlu ditambah dan dikurangi. Dengan membaca ulang maka Anda bisa menyempurnakan naskah tersebut sesuai dengan keinginan Anda serta konsep dan outline yang sudah ditentukan.

 

Proses menulis tersebut pada dasarnya tidaklah sulit untuk dilakukan karena tahap-tahap hingga targetnya menyesuaikan dengan kemampuan Anda masing-masing. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk bisa mengaplikasikan teknik menulis buku hingga akhirnya naskah tersebut berhasil diterbitkan sebagai karya Anda yang memiliki jangka panjang untuk memberikan manfaat bagi banyak orang yang membacanya nanti.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.