Dalam menulis cerpen atau cerita pendek memang ada tantangan tersendiri untuk bisa membuat cerita yang menarik dengan konflik yang tepat. Tentunya sebuah cerpen harus memiliki alur cerita yang jelas, singkat, tetapi bisa menarik perhatian para pembacanya. Sehingga hal ini yang harus direncanakan dengan baik sebelum Anda mulai untuk menulis cerita yang singkat ini.

 

Bagian pendahuluan atau pembukaan adalah yang paling penting untuk ditulis dengan baik karena bagian ini yang akan menarik perhatian dari para pembaca. Jika Anda mengikutkan cerpen tersebut dalam lomba maka pendahuluan ini adalah penentu para juri akan melanjutkan membaca cerita Anda sampai habis atau tidak. Maka bagian pendahuluan harus dibuat semenarik mungkin.

 

Tuliskan Cerita Secara Garis Besar

Meskipun cara ini membuat cerita Anda menjadi lebih menarik, tetapi harus hati-hati dalam menuliskannya. Jika Anda sembarangan menceritakannya maka pembaca biasanya sudah bisa menebak ending dari ceritanya sehingga sudah malas untuk membaca kelanjutan cerpen yang Anda buat. Sehingga meskipun ingin menggambarkan cerita secara garis besar di awal, tetapi harus memperhatikan cara yang tepat untuk bisa membuat rasa penasaran bagi para pembaca.

 

Memanfaatkan Momen Penting

Dikarenakan cerpen ini adalah cerita yang terbatas maka Anda harus pintar untuk membuat setiap bagian berarti bagi para pembaca. Maka di bagian awal sebaiknya Anda menarik perhatian dengan menceritakan momen yang penting. Pilihlah situasi yang menarik atau penting bagi si tokoh utamanya, kemudian itu dijadikan sebagai awal untuk memulai cerita yang ingin dituliskan dalam cerpen tersebut. Dengan cara ini, Anda juga bisa membuat pembaca lebih dekat dengan tokoh cerita sejak awal membaca.

 

Menampilkan Ketegangan

Selain mengambil momen yang penting saat menulis cerpen di bagian awal, Anda juga bisa membangun ketegangan. Membuat cerita yang diawali dengan suatu kejadian yang menegangkan serta memicu adrenalin bisa membuat rasa penasaran pembaca untuk melanjutkan ceritanya sampai habis. Biasanya dengan awal yang menegangkan bisa memancing rasa penasaran pembaca dan memudahkan Anda untuk membuat berbagai kejutan di berbagai bagian cerita.

Memberikan Sentuhan Emosi

Jika Anda menulis cerita dengan tipe yang lebih santai atau bahkan melankolis maka bisa memberikan sentuhan emosi di bagian awal untuk menarik perhatian. Anda bisa membangun suasana yang haru, bahagia, sedih, atau bahkan kecewa dan takut sehingga hal ini yang akan memberikan rasa penasaran tentang apa yang terjadi pada tokoh ceritanya nanti hingga akhir cerita.

 

Membangun sebuah cerita sejak awal memang menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan baik. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk bisa membuat bagian pembuka dari cerpen ini menjadi sesuatu yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran. Sehingga Anda bisa menulis cerpen dengan optimal dan menarik perhatian banyak orang yang menyelesaikan membaca cerita tersebut sampai akhir.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.