Untuk bisa membangun kebiasaan menulis maka ada berbagai hal yang memang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Kedisiplinan menjadi kunci utama untuk bisa menghasilkan karya terbaik dan menyelesaikan tulisan Anda. Selain itu membangun ketekunan dan berkomitmen adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang penulis dengan buku best seller.

Jika sudah menjadi kebiasaan maka akan lebih mudah untuk lebih produktif dalam menulis buku. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik karena kebanyakan orang yang memiliki keinginan menulis buku tetapi akhirnya tidak konsisten atau memiliki banyak alasan untuk menunda proses menulisnya. Sehingga hal ini berakibat pada penyelesaian buku yang macet. Padahal disiplin dan komitmen adalah fondasi dari produktif menulis.

Mencari Motivasi Untuk Menulis

Keinginan atau motivasi Anda untuk menulis harus kuat terlebih dahulu. Misalnya Anda ingin menulis untuk menerbitkan karya yang bermanfaat untuk orang lain, atau nama Anda dikenal dan dapat memberikan inspirasi untuk orang lain. Motivasi-motivasi dari dalam diri tersebut akan membantu sebagai dasar sebelum Anda mulai untuk membangun kebiasaan menulis. Sehingga Anda harus menemukannya terlebih dahulu sebelum mulai untuk berkarya.

Membuat Catatan Kecil

Anda perlu membuat catatan kecil atau note yang mengingatkan untuk menyelesaikan naskah. Andabisa sekaligus menuliskan target dalam catatan tersebut. Misalnya hari ini Anda harus menyelesaikan 4 halaman naskah, dan sebagainya tergantung kebutuhan penyelesaian naskah. Dengan adanya catatan tersebut maka Anda akan merasa selalu diingatkan dan ada dorongan untuk segera menyelesaikan naskah yang sedang dikerjakan. Hal ini juga akan membantu untuk mengurangi adanya rasa malas atau menunda-nunda penyelesaian naskah.

Bergabung Dengan Komunitas Menulis

Jika Anda bergabung dengan sebuah komunitas menulis maka akan ada motivasi lebih dari orang-orang yang sama berjuang menyelesaikan penulisan buku. Anda juga bisa berbagi keresahan dengan mereka untuk mendapatkan inspirasi dan semangat baru. Dalam suatu komunitas tentunya juga akan lebih mudah untuk membangun kebiasaan menulis karena Anda berada di circle yang tepat. Sehingga proses penyelesaian buku bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tidak perlu membebani bagi Anda.

Berlatih Dengan Jurnal Pribadi

Anda bisa membuat jurnal pribadi sebagai salah satu media bantuan untuk bereksperimen dengan tulisan Anda. Dari sana Anda juga bisa menemukan gaya penulisan yang akan dikembangkan dalam karya tulisan hingga berbagai hal yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Sehingga hal ini akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah memiliki kebiasaan menulis. Jurnal ini bisa diisi dengan berbagai kegiatan sehari-hari atau apa pun hal-hal yang terpikirkan oleh Anda.

Dengan mengaplikasikan hal-hal tersebut maka usaha Anda untuk bisa memiliki kebiasaan menulis akan lebih mudah tercapai. Menghasilkan karya buku yang menginspirasi mungkin memang membutuhkan waktu khusus. Tetapi Anda bisa memulainya dengan membangun kebiasaan menulis yang nantinya akan memberikan manfaat dalam proses penyelesaian naskah buku berkualitas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.