Dalam sebuah proses menulis naskah memang akan selalu ada tantangan bagi para penulis terutama yang masih pemula. Rasa jenuh dan mungkin tidak memiliki ide lagi untuk isi tulisan yang akan dibuat mungkin saja terjadi. Maka salah satu solusinya adalah membuat pikiran Anda kembali rileks dengan mengambil waktu untuk liburan.

Liburan yang dimaksud tidak harus pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Tetapi Anda bisa sekadar untuk berjalan-jalan ke tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Sehingga Anda memiliki tempat yang bisa digunakan untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks dan beristirahat. Tentu ada alasan dibalik saran para penulis sebaiknya pergi berlibur bahkan setidaknya seminggu sekali terutama saat menulis buku yang sedikit berat temanya.

Berlibur Meningkatkan Waktu Bersosialisasi

Dengan melakukan perjalanan liburan atau mungkin hanya sekadar pergi ke kafe dan bertemu dengan teman-teman tentu akan sangat menyegarkan jiwa Anda. Apalagi ketika sedang menulis naskah dan dikejar deadline. Tentunya saat-saat seperti ini akan sangat membuat Anda stres. Untuk itu perlu waktu setidaknya sehari untuk berlibur dan menikmati waktu bersama teman. Bahkan mungkin dalam waktu bersosialisasi tersebut Anda juga bisa sharing dengan orang lain sehingga meringankan pikiran yang mengganjal selama ini.

Meminimalisasi Writer’s Block

Dalam proses menulis naskah mungkin saja terjadi writer’s block atau ketika pikiran sudah terlalu jenuh dan buntu maka akan sulit untuk bisa melanjutkan menulis naskah tersebut. Mengambil waktu untuk beristirahat dan menikmati pemandangan lain akan memberikan Anda kesegaran pikiran. Bahkan ide-ide yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan bisa kemudan ditemukan secara tiba-tiba. Untuk itu meskipun sedang pergi berlibur sebaiknya Anda jangan sampai lupa untuk mebaca catatan kecil untuk menangkap ide baru yang muncul tersebut.

Memperbaiki Pola Makan Saat Liburan

Ketika sedang dikejar deadline banyak orang yang akhirnya juga tidak memperhatikan pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan saat sedang lembur menyelesaikan naskah banyak juga yang memiliki kebiasaan konsumsi camilan hingga malam hari. Maka saat sedang liburan Anda bisa memperbaiki pola makan dan berbagai makanan lain yang dikonsumsi. Jika kesehatan Anda terjaga dengan baik maka akan lebih mudah untuk menyelesaikan naskah secara optimal.

Bisa Menjadi Bahan Untuk Menulis

Di waktu pergi ke tempat lain untuk berlibur maka Anda akan bisa melakukan observasi kepada orang lain dan lingkungan sekitar. Hasil observasi ini bisa digunakan sebagai bahan untuk menulis selanjutnya. Sehingga hasil tulisan Anda juga akan menjadi lebih kaya dan berkualitas. Maka sangat penting dalam proses menulis naskah Anda meluangkan waktu untuk berlibur, meskipun tidak seminggu sekali tetapi ada setidaknya dalam satu bulan.

Merencanakan liburan tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Maka Anda harus membuat jadwal atau rencana untuk melakukannya, tidak harus ke tempat yang terlalu jauh tetapi bisa di sekitar saja untuk sekadar mendapatkan hiburan lain. Sehingga nantinya proses menulis naskah akan lebih mudah dijalani dan tidak terlalu membebani Anda.

Bagikan Ke:

1 comment

  1. […] tetapi Anda juga masih bisa mengalami writer’s block dan tentunya Anda harus mengetahui cara mengatasi writer’s block ini. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja ketika tiba-tiba Anda merasa kesulitan untuk menuliskan […]

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.