Berkaitan dengan usaha agar lebih produktif menulis maka ada berbagai hal yang memang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Ada faktor penting yang akan mendukung proses dalam meningkatkan produktivitas dari kebiasaan menulis. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mencapai tingkat produktivitas yang paling optimal dalam kegiatan menulis.

 

Motivasi

 

Motivasi untuk menulis ini adalah hal yang harus terus dipupuk dan dikembangkan agar tidak sampai melemah. Anda bisa menemukan motivasi baik dari dalam maupun luar diri Anda sendiri. Misalnya ada dorongan untuk memiliki karya berupa buku sehingga nama Anda tersemat di sana dan terkenang dalam jangka waktu yang lama, selain memberikan manfaat untuk banyak orang sebagai pembaca nantinya. Bisa juga motivasi dari luar misalnya mendapatkan pengakuan, hingga menjadi amal jariyah yang berguna untuk masa nantinya bagi diri Anda.

 

Mengatur Beban Kerja yang Ada

 

Setiap orang tentu memiliki beban kerjanya masing-masing. Maka hal penting yang harus Anda lakukan agar tetap produktif menulis adalah mengatur semuanya dengan baik. Aturlah waktu untuk bisa tetap menulis tanpa mengganggu kegiatan utama lainnya. Tentunya jangan lupa untuk tetap beristirahat dengan cukup sehingga Anda bisa tetap sehat dalam menjalani hari-hari lengkap dengan berbagai kegiatan yang ada. Jika masih merasa jenuh maka ambillah waktu untuk istirahat sejenak, kemudian pikiran akan lebih fresh untuk menulis.

 

Mendorong Adanya Peningkatan Efikasi Dalam Diri Sendiri

 

Efikasi sendiri adalah keyakinan dalam diri bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu tugas. Sehingga efikasi ini adalah sejauh mana Anda memiliki keyakinan untuk bisa menulis dengan baik. Termasuk juga dalam hal menyelesaikan target yang sudah ditentukan sebelumnya. Maka Anda harus menemukan cara untuk bisa meningkatkan efikasi diri semaksimal mungkin. Efikasi ini juga tidak hanya bisa didapatkan dari diri sendiri, tetapi juga dengan adanya dukungan dari lingkungan sekitar Anda akan semakin meningkatkan kepercayaan diri untuk menyelesaikan proses menulis.

 

Terus Meningkatkan Kemampuan Menulis

 

Teruslah mencoba untuk menyampaikan ide atau gagasan yang dimiliki dalam kondisi apa pun. Jangan menunggu mood datang atau keinginan untuk menulis, tetapi sediakan waktu khusus untuk menulis agar Anda selalu mengembangkan kemampuan dengan disiplin. Kemudian belajarlah tentang cara penulisan yang tepat dan belajar mengedit tulisan Anda sendiri yang sudah ditulis sebelumnya. Sehingga Anda bisa tetap produktif menulis meskipun berada dalam kesibukan yang tinggi dengan berbagai kegiatan yang harus dilakukan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.