Tenang! Berikut Rekomendasi Wadah Menulis untuk Anda, Penulis Pemula

Menjadi seorang penulis yang terkenal tidaklah langsung memiliki segudang kemampuan yang dimiliki. Pasti penulis tersebut telah melewati bermacam-macam kendala dan tiada henti untuk terus berlatih menulis. Dalam dunia literasi ini pun, ada banyak macam penulis sesuai dengan tipe atau kemampuan yang dikuasai. Ada yang menulis cerita pendek, puisi, artikel, novel, buku pengembangan diri, buku pelajaran, dan sebagainya. Macam-macam penulis ini pun memiliki wadah yang berbeda-beda dalam menuangkan tulisannya. Berikut ada empat wadah untuk seorang penulis agar bisa menuangkan tulisannya sebelum menjadi atau diterbitkan berupa buku.

1. Buku catatan

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah buku atau tulisan apa pun, Anda dapat menuliskannya di buku catatan pribadi. Dalam hal ini, Anda bisa menuliskan ide, kisi-kisi, atau kerangka dari apa yang akan Anda tulis nantinya. Dengan menuliskannya, Anda bisa menjaga ide atau alur dari kerangka yang akan Anda kerjakan.

2. Penyimpanan online

Setelah Anda menulis di buku catatan, Anda bisa menyalinnya dengan mengetiknya di aplikasi menulis dalam komputer atau laptop, seperti Ms. Word, WPS Office Writer, OpenOffice Writer, Google Docs, dan masih banyak yang lainnya. Setelah Anda menuliskannya di salah satu dari aplikasi menulis tersebut Anda bisa menyimpannya di penyimpanan online, seperti Google Drive. Google Drive ini dapat digunakan untuk menyimpan file dengan berbagai jenis dan ukuran yang dapat dengan mudah diakses kapan dan di mana pun Anda berada melalui akun Gmail yang Anda miliki. Menyimpan di Google Drive ini juga dapat meminimalisir hilangnya file yang Anda miliki.

3. Blog pribadi

Selain Anda bisa menyimpannya di Google Drive, Anda bisa menyimpannya di blog pribadi. Apalagi jika Anda adalah orang yang menulis puisi, cerpen, atau artikel. Anda cukup menggunakan yang tidak berbayar, seperti blogspot dan wordpress. Dalam hal ini Anda juga bisa menulis apa pun yang Anda sukai, misalnya mengenai review makanan, film, buku, tempat wisata, dan lain-lain. Jika Anda memutuskan untuk menulis di blog maka Anda harus membuat isi atau tulisan di blog Anda dengan semenarik mungkin agar orang lain yang berkunjung dan membaca tulisan Anda akan ketagihan dengan konten yang ada di blog Anda.

4. Aplikasi menulis

Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh penulis pemula yang baru akan terjun ke dunia tulis-menulis. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat melahirkan penulis pemula karena merasa lebih produktif dengan mudahnya akses ke aplikasi tersebut. Contoh aplikasi-aplikasi tersebut, adalah Wattpad, Steller, Storial.co, JotterPad, Medium.

Nah, itulah beberapa wadah yang dapat digunakan untuk para penulis pemula sebelum menjadi penulis profesional dan terkenal. Bisa jadi, dengan menuangkannya dalam media-media di atas, tulisan Anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang sehingga impian Anda untuk menjadi penulis terkenal bisa dengan mudah Anda raih.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.