Anda mempunyai ide, tetapi bingung bagaimana memulai menulisnya dari mana? Terkadang ingin menulis A tetapi yang tertuang dalam tulisan adalah B, C, D, dan seterusnya. Ide dan gagasan apa yang ada di pikiran kita seolah tidak bisa sinkron dengan tulisan. Sebenarnya bagaimana cara menuangkan sebuah ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan yang mudah dilakukan?

Gagasan adalah apa yang ada dan berhasil ditangap oleh pikiran. Jika Anda ingin mewujudkan gagasan ke dalam tulisan maka Anda harus segera menuangkannya dalam bentuk tulisan. Namun, sebelum itu Anda perlu mengenali terlebih dahulu sumber datangnya gagasan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menentukan langkah apa yang akan Anda gunakan untuk menuangkan gagasan tersebut.

Berikut ada beberapa hal dari mana datangnya sumber gagasan atau ide.

1. Gagasan datang dari mana saja

Gagasan atau ide dapat muncul di mana dan dalam keadaan apa saja. Gagasan ini biasanya muncul atau datang dengan tak terduga dan spontan. Akan tetapi, ide ini akan sangat cepat hilang jika tidak ditulis. Oleh karena itu, jika menemukan sebuah ide atau gagasan segeralah tulis dalam buku catatan Anda agar gagasan tersebut tidak hilang.

2. Gagasan dari hasil observasi

Jika sulit untuk menemukan gagasan, coba lakukan observasi mengenai apa yang ada do sekeliling Anda. Anda pun bisa bepergian, bertemu dengan orang lain, melakukukan beberapa wawancara, bahkan jika perlu lakukan sedikit investigasi. Dari hasil observasi tersebut Anda dapat menemukan hal baru dan unik yang dapat Anda gunakan sebagai ide atau gagasan.

3. Membaca referensi yang Anda senangi

Ibarat bahan bakar, membaca dapat menjadi sumber atau bahan untuk kita bisa menemukan hal baru yang memotivasi diri dalam menulis. Oleh karena itu, seorang penulis yang profesional adalah seorang yang gemar membaca buku. jika minat baca rendah, Anda bisa membaca bacaan yang menyenangkan bagi Anda. Dengan membaca hal yang membuat Anda senang maka tak jarang jika akhirnya akan muncul gagasan yang brilian.

Setelah Anda menangkap atau menemukan sebuah gagasan, Anda bisa langsung menuliskannya dalam bentuk catatan kecil. Dari situ, Anda bisa mengembangkan gagasan atau ide ke dalam sebuah tulisan yang lebih lengkap dan terjabarkan. Anda bisa mulai menulis dari mana saja, sesuai dengan catatan gagasan Anda. Anda pun juga dapat menggunakan prinsip jurnalistik yang menggunakan 5W+1H dalam menuangkan gagasan atau ide Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.