Topik buku merupakan langkah utama ketika akan menulis sebuah buku. Penulis harus memiliki topik yang akan dibahas terlebih dahulu untuk menentukan judul bukunya. Seseorang biasanya memiliki banyak keinginan untuk membahas beberapa topik, tetapi merasa kesulitan ketika harus memilih satu topik. Hal ini dikarenakan beberapa topik yang ingin diangkat sama-sama disukai atau bahkan sudah memiliki gambaran kasar mengenai solusi yang akan diberikan.

Nah! Bagaimana cara tepat untuk menentukan topik buku? yuk simak!

1. Mencari buku atau jurnal

Apabila Anda ingin menulis sebuah buku maka buatlah pilihan beberapa topik yang ingin dibahas. Setelah membuat pilihan, carilah referensi buku atau jurnal di internet yang membahas tentang topik tersebut. Jika sudah ada yang membahasnya, Anda harus melihat kelebihan dan kekurangannya. Hal ini akan membuat Anda untuk melahirkan buku yang lebih bagus, berbeda, dan jelasnya terbaru.

2. Menguasai topik

Ketika akan menulis sebuah buku, apabila Anda memiliki beberapa pilihan topik yang dikuasai, sebaiknya pilihlah yang memang benar-benar dipahami. Penulis yang baik adalah penulis yang paham akan apa yang ia tulis. Jadi, tulislah apa yang kamu sukai dan kuasai.

3. Berdiskusi dengan ahlinya

Topik yang Anda angkat tentunya sudah Anda kuasai. Anda sudah memiliki gambaran manfaat dari buku tersebut. Namun, Anda juga perlu berdiskusi dengan seseorang yang Anda anggap juga ahli mengenai topik yang Anda angkat. Berdiskusi dengan orang-orang yang handal akan membuat Anda memiliki ide baru, tambahan referensi ilmu, bahkan orang tersebut nantinya bisa dijadikan testimoni buku Anda.

 

Bagaimana? Sudah siap menulis buku?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.