Menulis adalah kegiatan yang panjang untuk menyelami setiap kata yang ditulis. Untuk menghasilkan tulisan yang indah ataupun memiliki manfaat, tentunya Anda harus meluangkan waktu. Asahlah keterampilan menulis Anda apabila ingin menjadi penulis profesional. Karena menjadi penulis profesional juga membutuhkan jam terbang yang relatif lama.

Di dalam kegiatan menulis, penulis terkenal seperti C.S Lewis memiliki trik tersendiri. Apa saja triknya? Yuk simak!

1. Membaca buku yang bermutu

Kegiatan menulis tidak akan jauh-jauh dengan kegiatan membaca. Semakin banyak buku yang dibaca maka semakin banyak pula ilmu dan pembendaharaan kata yang dimiliki. Ketika akan menulis, hal utama yang harus dilakukan adalah membaca buku. Membaca buku merupakan kegiatan untuk mencari referensi. Oleh karena itu, bacalah buku-buku yang dapat membuat ilmu Anda bertambah dan memberikan ide untuk menulis.

2. Matikan radio

Menurut C.S Lewis, menulis adalah aktivitas sunyi untuk melahirkan kalimat-kalimat yang luar biasa. Setiap orang memang memiliki gayanya tersendiri dalam menuangkan ide atau kreativitasnya dalam tulisan. Namun, C.S Lewis percaya bahwa ketika menulis maka diperlukan kosentrasi penuh agar fokus. Jadi, cara yang tepat untuk memfokuskan pikiran untuk menuangkan sebuah ide atau pemikiran ke dalam bentuk tulisan ialah dengan mematikan segala macam suara seperti radio, televisi, atau bunyi-bunyi lainnya yang dapat merusak konsentrasi.

3. Menulislah dengan jelas

Setiap menulis usahakan untuk memberikan informasi dengan jelas. Apa yang Anda tulis nantinya memberikan informasi bahkan manfaat kepada pembaca. Maka dari itu, ketika menulis jangan asal menulis. Pahami kata atau kalimat yang Anda gunakan. Pastikan bahwa pembaca dapat menangkap maksud dari kalimat Anda.

 

Bagaimana? Sudah siap untuk menjadi penulis profesional? Jangan malas untuk menulis, ya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.