Sumber: carousell.com

Sedari kecil kita sudah dikenalkan dengan kata “buku”. Dari bukulah kita belajar untuk mengenal huruf dan buku itu ada bermacam-macam. Namun, tahukah kamu kalau ada buku yang berukuran A3? Buku tersebut lebih dikenal dengan istilah big book.

Big book ini merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah dan efektif. Cocok sekali untuk pengenalan literasi yang awal kepada balita. Kok bisa? Bisa dong! Bahkan ada banyak manfaatnya loh untuk balita.

Apa aja, sih? Yuk, simak!

Menarik perhatian

Ukuran big book yang mudah dilihat, dilengkapi dengan gambar, dan dikemas dengan warna mencolok sangat menarik perhatian balita. Sistem motorik balita biasanya cepat bekerja karena ada gambar. Hal utama untuk membuat balita senang dengan buku adalah membuatnya tertarik terlebih dulu.

Gampang mengenali abjad dan kata

Ketika memberikan umpan belajar kepada balita, pertama kali yang dilakukan adalah mengenalkan abjad, baru kemudian kata. Big book memberikan tulisan abjad dan kata dengan fon yang besar sehingga balita mudah mengenali abjad dan kata. Daya ingat balita akan lebih meningkat jika melihat dan mengucapkannya sendiri.

Membantu dalam pelafalan

Dalam masa perkembangan balita, mereka akan belajar melafalkan tiap abjad dengan benar. Maka itulah, big book sesuai untuk membuat mereka tahu perbedaan abjad dan cara pelafalannya. Abjad yang biasanya sering tertukar pelafalannya adalah W dan M, M dan N, ada juga S dan Z.

Memahami yang dibaca

Melatih balita untuk belajar membaca tentunya harus memahamkan satu per satu kata terlebih dahulu. Di dalam big book, kata dituliskan dengan spasi dan fon yang besar, juga dilengkapi dengan gambar. Balita akan lebih mudah memahami bacaan apabila mengeja kata dengan benar dan dibantu oleh gambar yang ada.

Sumber: inovasi.or.id

Minat membaca meningkat

Belajar menggunakan gambar dan jenis fon yang besar merupakan salah satu hal yang memancing balita untuk senang membaca. Belajar membaca kata demi kata menjadi kegiatan yang seru. Alhasil, balita jadi senang membaca.

 

Nah, itu dia manfaat yang diberikan big book untuk balita. Kalau kamu tertarik dengan hal ini, kamu bisa loh merancang big book sendiri. Kamu tinggal menentukan akan mengangkat tema apa dan langsung terbitkan bukunya dengan bekerja sama dengan Penerbit Buku Malang atau penerbit buku lainnya.

Kamu juga bisa kok bekerja sama dengan jasa ghoswriter apabila ingin membuat buku seri big book dengan banyak tema. Semua bisa diatur, asal kamu mau. Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.