Mungkin Anda sering kali merasakan sudah memiliki ide menulis, tetapi kemudian hilang seketika. Hal ini mungkin juga dialami oleh banyak orang lainnya sehingga perlu untuk dicari solusinya terlebih dahulu. Dengan mengetahui langkah yang tepat untuk memperkuat ide maka Anda akan menjalani proses menulis dengan lebih lancar dan berkualitas tentunya.

 

Selalu Membuat Catatan Setiap Ide Muncul

Biasanya ide akan muncul secara tiba-tiba dan kapan saja, sehingga akan lebih baik jika setiap ide itu muncul Anda langsung mencatatnya. Membaca catatan kecil di saku atau memanfaatkan teknologi catatan yang ada di smartphone akan sangat membantu Anda agar tidak sampai kehilangan ide yang muncul. Nantinya setelah mengumpulkan ide menulis tersebut nantinya bisa lebih mudah untuk mengembangkannya saat akan menulis.

 

Mencoba Berpikir Kreatif

 Jangan mengurung pikiran Anda dalam ranah yang itu-itu saja. Cobalah untuk belajar berpikir kreatif dan melihat sesuatu dari pandangan yang berbeda. Dari sana Anda akan menemukan ide-ide cemerlang yang sebelumnya tidak terpikirkan. Mencoba untuk melakukan kebiasaan lain yang berbeda dengan keseharian Anda tentu akan ada sesuatu yang memancing ide untuk menulis sesuatu. Biarkan pikiran Anda berkembang sesukanya dan tangkap berbagai ide yang baru muncul.

 

Mempertajam Kemampuan Analisis

 Dengan meningkatkan kemampuan dalam melakukan proses analisis maka Anda akan mampu melihat sesuatu sebagai hal yang menarik untuk dijadikan ide menulis. Kemampuan dalam menganalisis ini juga akan membantu memudahkan Anda dalam menuliskan gagasan yang ada dalam pikiran. Hal ini tentu saja akan membantu juga proses penyelesaian penulisan buku. Meskipun ide awal yang ditemukan cukup sederhana, tetapi dengan proses analisis yang mendalam maka sesuatu yang sederhana juga bisa dibahas dalam berbagai perspektif dan pendapat yang tepat.

 

Melakukan Diskusi

 Diskusi dengan orang lain, apalagi yang memang cocok dengan Anda tentunya akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan melakukan diskusi maka Anda bisa menemukan pemikiran baru dan sesuatu yang menarik untuk dijadikan sebagai ide dalam menyelesaikan karya buku Anda. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan, apalagi jika Anda melakukan proses diskusi ini dengan orang yang sudah memiliki kemampuan lebih dalam menulis.

 

Berbagai cara tersebut bisa Anda aplikasikan dengan baik sesuai kenyamanan masing-masing untuk menyelesaikan buku semaksimal mungkin. Ide yang baik tentu akan meningkatkan kualitas buku atau tulisan Anda menjadi lebih optimal nantinya. Sehingga proses penulisan buku menjadi lebih cepat dan mampu mengembangkan ide menulis seoptimal mungkin.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.