Peringatan Hari Buku Nasional dilaksanakan pada tanggal 17 Mei. Pada tahun 2021, tanggal 17 Mei jatuh pada hari Senin. Peringatan Hari Buku Nasional atau biasa disingkat Harbuknas ini merupakan momen bagi pecinta buku untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan buku.

Banyak komunitas yang mengadakan beragam acara untuk memeriahkan peringatan Harbuknas ini. Mulai dari bazar buku, pameran buku, bahkan para penerbit juga memberikan diskon khusus selama Harbuknas berlangsung. Hal ini bisa kita lihat di marketplace tepercaya.

Selain itu, untuk memperingati Harbuknas kita juga dapat berkunjung ke perpustakaan terdekat untuk membaca buku. Cukup membaca buku di rumah juga bisa menjadi alternatif jika tidak ingin bepergian keluar rumah. Tidak harus buku fisik, kita juga bisa membaca buku yang nonfisik. Apalagi sekarang teknologi sudah lebih canggih sehingga banyak buku yang tersedia berupa e-book.

Bukan tanpa alasan, kegiatan seperti di atas dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah. Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa hasil survei dan penelitian yang dilakukan UNESCO pada tahun 2011. Di mana hasil survei tersebut menunjukkan indeks tingkat membawa masyarakat Indonesia hanya 0,001%.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati Harbuknas. Dengan mengapresiasi buku dan membacanya akan membuat kita berpengetahuan luas karena buku adalah jendela dunia.

Selamat Hari Buku Nasional!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.