Tahukah Anda, Selain Melalui Jurnal Ilmiah, Karya Tulis Ilmiah Bisa Dipublikasikan Melalui Bunga Rampai Loh. Yuk, simak penjelasan berikut tentang apa bunga rampai itu!

Istilah bunga rampai tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Akan tetapi, terdapat istilah rampai yang memiliki arti campuran atau kumpulan dari berbagai macam (buku, bunga, dan sebagainya). Biasanya, bunga rampai ini akrab di kalangan akademis/ilmuan. Oleh karena itu, menurut Pedoman Karya Tulis Ilmiah LIPI (2012), bunga rampai didefinisikan sebagai kumpulan karya tulis ilmiah yang mengangkat satu topik permasalahan dengan menggunakan pendekatan dari beberapa aspek atau sudut pandang keilmuan.

Karya tulis ilmiah yang dihasilkan dalam bentuk bunga rampai ini mempunyai makna yang mandiri dan jelas. Dalam penyusunannya tidak boleh asal-asalan, meski bunga rampai ini terdiri dari kumpulan beberapa karya tulis ilmiah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bunga rampai ini ada tiga, yaitu (1) dikeluarkan atau dihasilkan oleh lembaga penerbitan, baik dari tingkat instansi atau unit litbang pemerintah dan juga lembaga penerbitan swasta nasional maupun internasional; (2) memiliki International Standard Book Number (ISBN), baik untuk terbitan tunggal maupun revisi; dan (3) harus melewati proses editorial yang mencakup pemeriksaan tata bahasa dan kebenaran keilmuan.

Terdapat tiga perbedaan mendasar antara buku ilmiah dan bunga rampai, yakni sebagai berikut.

  1. Selain nama penulis yang dicantumkan dalam sampul buku, juga terdapat nama editor karena penulisnya terdiri dari beberapa orang yang berbeda pada setiap bab.
  2. Dalam daftar isi, selain menyebutkan judul babnya, juga disebutkan nama penulis dari bab tersebut. hal ini karena setiap bab penulisnya berbeda.
  3. Isi dari komponen naskah berbeda dan bab-babna tidak saling terkait antara satu bab dengan bab lainnya. Akan tetapi, secara keseluruhan bab-bab tersebut masih mengambil atau dijembatani oleh topik utama yang sama.

Itulah sedikit mengenai bunga rampai. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan Anda. Atau apakah Anda berminat untuk menulis dan menerbitkan buku dalam bentuk bunga rampai?

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.