Sumber: id.quora.com

Selama ini, berapa jumlah halaman buku tertebal yang pernah kamu baca? Apakah setebal gambar di atas? Kebayang enggak sih bisa membaca buku di atas sampai selesai? Kira-kira butuh waktu berapa lama ya untuk bisa menyelesaikan menulis buku itu?

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang fakta buku tertebal di dunia versi Guinnes World Record dan India Book Record 2020. Seperti apa isi bukunya? Yuk, kepoin ulasan berikut!

Shree Haricharitramrut Sagar

Guinnes World Record dan India Book Record telah menobatkan buku Shree Haricharitramrut Sagar sebagai buku tertebal di dunia yang telah disepakati pada tanggal 2 Februari 2020. Buku ini merupakan buku biografi tentang Bhagwan Shree Swaminaraya (Brahmana dari Gujarat). Buku yang ditulis dalam bahasa Gujarat ini memiliki 12.404 halaman dan memiliki tebal 49,6 cm. Wow, cukup membuat geleng-geleng kepala! Selain itu, buku ini terdiri dari 29 bab dengan berat 9.5 kg. Wah, susah nih kalau mau dibawa ke mana-mana. Selain gambar di atas, berikut penampakan bukunya saat dibuka.

Sumber: id.quora.com

Buku Shree Haricharitramrut Sagar ditulis oleh Gyanjivandasji Swami, seorang tokoh asal Gurajat, India. Untuk bisa menulis dan menerbitkan buku setebal itu, penulis membutuhkan waktu sekitar 13 tahun 5 bulan dan 14 hari. Wow! Waktu yang pantas untuk hasil yang sespektakuler itu. Terlebih kerja kerasnya dalam menulis telah membuahkan hasil dengan penghargaan yang diterimanya sebagai buku tertebal di dunia.

Sumber: indiabookofrecords.id

Bawwabatun Najah

Buku tertebal di dunia urutan kedua, yaitu buku Bawwabatun Najah karya seorang puisiwati Aljazair yang bernama Nuroh Tha’allah. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, buku ini memiliki arti Gerbang Kesuksesan. Tak jauh beda dengan buku pertama, buku ini terdiri dari 10.551 halaman dengan berat 45 kg. Buku yang memiliki panjang 57 cm ini berisi 10.000 kata mutiara.

Sumber: id.quora.com

Berbeda dengan buku tertebal pertama, buku ini diselesaikan dalam waktu satu tahun. Sang penulis menghabiskan waktu 18 jam dalam sehari untuk menulis buku ini. Awalnya, buku ini ditulis hingga 15.000 halaman, tetapi karena pihak percetakan tidak bisa mencetak buku setebal itu, akhirnya jumlah halaman dikurangi hingga buku berjumlah 10.551 halaman. Luar biasa sekali, ya!

Itulah dua buku tertebal di dunia versi Guinnes World Record dan India Book Record. Kira-kira jika kamu diminta untuk membaca buku tersebut, berapa lama waktu yang kamu habiskan? Satu tahun? Satu bulan? Atau cukup satu hari saja? Wah, hebat sekali!

Melihat kedua buku dengan tebal yang fantastis di atas telah membuktikan bahwa seorang penulis yang bersungguh-sungguh dalam menulis bisa menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Hebat, bukan? Jadi, tunggu apalagi. Menulislah sekarang. Tulis hingga selesai dan cari penerbit buku untuk menerbitkannya.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.