Salah satu kemampuan tambahan yang sebaiknya dimiliki oleh seorang penulis adalah self editing. Dengan adanya kemampuan ini setidaknya Anda bisa melakukan pengecekan terhadap naskah yang sudah selesai ditulis. Hal ini juga akan memudahkan pihak penerbit untuk melakukan pengecekan nantinya sebelum proses pencetakan dan publikasi buku.

Buku yang memiliki kualitas baik tentunya sudah melewati berbagai proses pengecekan. Tidak hanya dari pihak penerbit, tetapi juga dimulai dari penulisnya terlebih dahulu. Editing yang dilakukan tentunya bukan hanya sebatas mengoreksi penulisan kata dan kalimat yang kurang tepat, tetapi Anda juga bisa melakukan seleksi terhadap konten yang mungkin akan ditambahkan atau justru dikurangi dalam naskah tersebut.

Melakukan Pengecekan Susunan Konten

Anda perlu melakukan pengecekan dari mulai bagian pembuka, setiap bab, hingga penutup yang dituliskan dalam naskah tersebut. Pastikan bahwa setiap bagiannya sudah runtut dan alurnya jelas. Dengan begitu, nantinya pembaca juga akan lebih mudah untuk memahami isi konten yang Anda tuliskan secara lebih optimal karena alur yang ada di dalam buku memang sudah tepat dan mengalir dengan baik.

Mengecek Ketepatan Kalimat

Terkadang memang saat menuliskan apa yang ada di pikiran kemudian menghasilkan kalimat yang terlalu panjang dan berbelit-belit, padahal makna yang ingin disampaikan sebenarnya tidak sepanjang itu. Oleh karena itu, dalam melakukan self editing penting bagi Anda untuk menyederhanakan kalimat-kalimat yang dirasa terlalu panjang. Dengan begitu pembaca tidak akan kesulitan untuk memahami setiap kalimat dalam naskah buku Anda.

Memperhatikan Diksi

Memang ada berbagai hal dalam isi buku yang akan memiliki kaitan erat dengan target pembaca. Salah satunya adalah pemilihan diksi di dalam naskah tersebut. Anda perlu memastikan bahwa penggunaan diksi di dalam naskah nantinya akan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh pembaca. Jadi saat melakukan self editing adala saat yang tepat bagi Anda untuk memilah diksi yang paling tepat untuk digunakan.

Memastikan Keamanan Konten

Dalam hal ini keamanan yang dimaksudkan adalah mengecek apakah ada kalimat atau bagian dala naskah yang mengandung unsur SARA atau bahkan ada kemungkinan menyinggung pihak tertentu. Hal ini tentu saja akan membahayakan naskah dan diri Anda sendiri jika dibiarkan begitu saja. Jadi Anda juga harus berhati-hati agar tidak sampai melakukan kesalahan yang satu ini karena nantinya bisa berujung panjang setelah naskah Anda dipublikasikan.

Mengecek Penggunaan Kata Baku

Tentunya akan lebih baik jika dalam naskah Anda menggunakan kata baku yang sudah disesuaikan dengan KBBI. Jadi ini adalah bagian dari hal yang harus diperhatikan saat melakukan self editing setelah proses penulisan naskah. Dengan begitu peningkatan kualitas buku Anda akan semakin optimal dan memuaskan bagi para pembaca nantinya.

Ini adalah langkah mudah untuk melakukan editing secara mandiri setelah naskah selesai ditulis. Hal-hal yang memang penting untuk Anda perhatikan dengan baik jangan sampai diabaikan karena akan memengaruhi kualitas naskah buku yang Anda tulis. Jadi, lakukan self editing dengan cara yang benar dan lebih teliti untuk meningkatkan kualitas buku Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat