Memunculkan ide menulis memang jadi salah satu hal yang perlu terus dilatih oleh seorang penulis. Tentu saja tidak begitu saja bisa terjadi, tetapi Anda akan memerlukan waktu untuk mengenali ide yang datang meskipun sebenarnya ide bisa datang kapan saja. Membuat diri lebih peka dan percaya diri terhadap setiap ide yang muncul di kepala ada modal dasar yang harus dikembangkan oleh seorang penulis agar lebih mudah untuk mengembangkan sebuah tulisan karyanya sendiri.

Ada metode untuk menemukan ide yang tepat disebut sebagai metode tiga waktu. Anda bisa memanfaatkan tiga waktu ini untuk mendapatkan ide terbaik dalam menulis sebuah karya buku. Dengan mencoba metode ini maka Anda tidak perlu bingung lagi mencari ide yang tepat saat ingin menulis.

 

Refleksi ke Masa Lalu

Anda bisa menjadi pengalaman di masa lalu sebagai ide menulis yang menarik. Anda bisa mencoba untuk merenungkan pengalaman tersebut dan mencari pelajaran yang bisa diambil. Dengan begitu nantinya hasil tulisan Anda juga bisa memberikan manfaat untuk orang lain yang membacanya. Satu hal yang harus menjadi catatan bagi Anda adalah menjadikan masa lalu tersebut sebagai sarana untuk mendapatkan pengembangan ide dalam menulis. Jadi tidak perlu terlalu dalam membahas masa lalunya dan berbagai kisah yang ada di dalamnya, tetapi fokus saja pada pengalaman dan pengajaran yang bisa didapatkan dari kejadian tersebut.

 

Diskusi dengan Masa Sekarang

Anda bisa memperhatikan berbagai hal yang terjadi di masa sekarang dan mencari solusinya. Menceritakan apa yang sedang dialami dan bagaimana cara mengatasinya bisa jadi ide menulis yang sangat relevan dengan kehidupan masa kini. Tentu saja karya tulisan tersebut akan memberikan manfaat yang lebih optimal untuk dibaca saat ini karena bisa langsung diaplikasikan oleh para pembaca. Anda juga bisa menjadikannya sebagai ide misalnya untuk menulis sebuah karya fiksi yang ceritanya bisa dekat dengan kehidupan nyata saat ini sehingga nantinya karya tersebut juga bisa dengan mudah diterima oleh para pembaca.

 

Bermimpi dengan Masa Depan

Untuk sebuah karya fiksi memang metode mencari ide menulis dengan bermimpi di masa depan ini sangatlah cocok. Anda bisa berfantasi terkait berbagai hal yang mungkin saja terjadi di masa depan sepuas dan sebebasnya dan dituangkan dalam sebuah karya fiksi. Namun jika Anda menulis buku bergenre nonfiksi maka mimpi ini bisa dijadikan dasar ide untuk membahas mengenai visi dan cara menata serta meraih mimpi masing-masing orang. Dengan begitu manfaatnya juga akan begitu besar didapatkan oleh setiap pembacanya.

 

Dengan mengaplikasikan metode ini maka seharusnya Anda bisa lebih mudah untuk menemukan ide untuk menulis apa. Tema besar apa yang akan Anda ambil untuk dikembangkan menjadi sebuah karya tulisan yang menarik dan bermanfaat. Jadi tidak perlu bingung untuk menulis mulai dari mana atau bingung mau menulis apa karena sering kali apa yang Anda alami, rasakan, atau inginkan juga bisa menjadi salah satu ide menulis menarik dan mudah dikembangkan. Silakan buktikan dan tulis karya Anda!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat