Salah satu bagian penting dari membuat buku adalah memilih layout buku menarik sehingga saat dibaca tidak hanya kontennya yang menarik perhatian, tetapi tampilan layout buku tersebut juga keren. Dalam menentukan konsep layout memang dibutuhkan pertimbangan yang matang dan penyesuaian dengan konsep buku yang Anda akan terbitkan.

Di samping itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa konsep layout buku yang sebaiknya dihindari karena kurang menarik. Tingkat kemenarikan dari layout ini memang harus menjadi pertimbangan utama karena nantinya akan menjadi salah satu daya tarik luar biasa untuk para pembaca nantinya. Jadi kesalahan-kesalahan berikut ini harus Anda hindari sebisa mungkin.

Terlalu Banyak Ornamen

Ornamen yang berlebihan tentunya akan membuat fokus dari pembaca menjadi terpecah. Oleh karena itu, sebaiknya diberikan ornamen pada layout hanya secukupnya atau disesuaikan dengan konsep secara keseluruhan. Dengan begitu, adanya ornamen ini akan menjadi pendukung yang tepat untuk memaksimalkan kesan menarik pada tampilan buku Anda karena tentunya sesuatu yang berlebihan itu bukanlah hal baik.

Dinamis, Tetapi Kurang Menarik

Membuat desain tampilan buku dinamis tentu saja boleh untuk dilakukan, tetapi harus diperhatikan juga penataannya agar tidak sampai mengurangi sisi menariknya. Memperhatikan setiap bagian tampilan buku semaksimal mungkin akan membuat Anda bisa mendapatkan layout buku menarik yang tidak hanya cantik, tetapi juga membuat orang yang membacanya tidak akan mudah merasa bosan. Jadi, buku Anda bisa memberikan manfaat yang lebih optimal pada para pembaca.

Terlalu Simpel

Sesuatu yang dibuat dengan simpel atau sederhana memang bukan berarti tidak menarik. Namun dalam sesuatu yang simpel itu, Anda perlu untuk melakukan beberapa permainan agar tampilannya lebih optimal. Misalnya saja dengan menambahkan gambar atau ilustrasi atau bermain dengan warna dan aspek lainnya. Dengan begitu, pembaca akan merasa nyaman saat memahami konten tulisan Anda tanpa terganggu dengan berbagai hal yang terlalu berlebihan.

Kurang Rapi Secara Tampilan

Salah satu syarat dari tampilan layout buku menarik adalah harus rapi dan tersusun dengan baik. Dengan begitu akan meningkatkan kenyamanan pembaca dan tidak mudah bosan saat melihatnya. Bukan hanya ornamen layout tetapi teks yang ada di dalamnya juga harus tersusun dengan baik dan rapi. Hal ini perlu untuk diperhatikan dan diteliti sebaik mungkin sebelum kemudian mulai untuk dicetak secara massal.

Untuk itu, perlu menggunakan jasa yang profesional dalam membuat layout yang tepat dan mampu menarik perhatian pembaca. Jangan sampai sembarangan dalam membuat layout ini karena inilah yang akan jadi tampilan buku Anda seterusnya. Percayakan proses membuat layout buku menarik pada pihak yang sudah berpengalaman dan profesional dalam melakukan hal ini demi tampilan buku terbaik Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.