Terus belajar dalam proses menulis memang sangatlah penting, tetapi ada beberapa kesalahan penulis nonfiksi yang masih sering dilakukan terutama yang menuliskan pengalaman pribadinya. Jika hal ini tidak segera diperbaiki maka akan membuat pembaca juga bingung dengan tulisan yang Anda buat sehingga menghindari kesalahan ini adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik.

 

Belajar dari kesalahan orang lain dan mempelajari cara mengatasinya adalah hal yang akan membuat kemampuan Anda juga semakin berkembang. Apalagi di dunia menulis yang memang akan menjadi karya Anda dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk memberikan manfaat dan inspirasi bagi lebih banyak orang.

 

Menceritakan Kisah Hidup Terlalu Detail

Jika yang ditulis bukanlah biografi maka tidak perlu menuliskan cerita atau kenangan Anda terlalu detail dan runut kejadian per kejadian. Jika cerita ini digunakan untuk melengkapi konten yang disampaikan dalam buku maka sebaiknya mengambil bagian kejadian yang penting dan menarik saja. Dengan begitu akan lebih menarik dan mudah untuk para pembaca memahami sesuatu yang coba Anda jelaskan melalui tulisan cerita tersebut.

 

Kurang Melakukan Dramatisasi

Memang dalam menulis buku nonfiksi sebaiknya Anda memberikan cerita yang jujur dan benar. Namun bukan berarti tidak bisa didramatisasi karena hal inilah yang akan membuat tulisan cerita menjadi semakin menarik. Tidak perlu terlalu berlebihan dalam melakukan dramatisasi, tetapi Anda bisa mencoba untuk memilih kata-kata yang lebih tepat agar drama atau makna dalam ceritanya bisa sampai ke pembaca dengan baik. Hal ini adalah kesalahan penulis nonfiksi yang masih banyak terjadi sehingga sesuatu yang seharusnya menarik menjadi kurang karena pemilihan kata atau dramatisasi yang kurang.

 

Terlalu Banyak Tokoh dengan Karakter Kurang Jelas

Jika ada beberapa karakter dalam cerita tersebut maka Anda harus mengenalkannya dengan baik. Banyak tokoh dengan karakter yang tidak jelas tentunya akan membingungkan bagi pembaca dalam memahaminya. Apalagi untuk buku nonfiksi, cerita ini digunakan sebagai pelengkap untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan inspirasi bagi para pembaca. Jadi hindari kesalahan penulis nonfiksi yang masih belum jelas harus benar-benar dihindari sebisa mungkin agar tidak membingungkan pembaca.

 

Bagian Pembahasan yang Tidak Runtut

Jika pembahasan yang Anda tulis kontennya loncat-loncat maka akan lebih membingungkan karena informasi yang didapatkan juga tidak akan optimal dalam dipahami pembaca. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan ulang sebelum mengembangkan tulisan lebih jauh lagi. Dengan begitu setiap pembahasannya akan sudah sesuai dengan urutan materi yang seharusnya diketahui oleh para pembaca.

 

Berbagai kesalahan tersebut harus Anda perhatikan dengan baik agar buku tulisan Anda memiliki kualitas yang lebih optimal lagi. Selain itu, juga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca sesuai dengan yang Anda harapkan sebelumnya. Jadi, kesalahan penulis nonfiksi ini harus menjadi perhatian Anda agar tidak melakukan kesalahan yang sama dan bisa memperbaikinya dalam karya tulisan Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.