Salah satu modal yang harus dimiliki ketika akan membuat sebuah karya buku adalah mengumpulkan informasi lewat membaca efektif. Dengan membaca secara efektif maka Anda tidak perlu waktu lama untuk membaca dan mendapatkan informasi. Jika Anda bisa membaca secara efektif maka akan lebih banyak buku yang bisa dibaca dan informasi yang bisa didapatkan.

Untuk bisa melakukan membaca secara efektif maka ada berbagai hal yang perlu untuk Anda perhatikan dengan baik. Menguasai teknik ini akan sangat menguntungkan nantinya karena ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan untuk modal menulis karya buku. Jadi Anda bisa mulai mengasah kemampuan ini secara perlahan.

 

Jarak Membaca dan Efektivitasnya

Ternyata jarak Anda membaca juga memengaruhi tingkat fokus yang bisa dihasilkan saat membaca. Jarak yang terbaik untuk membaca adalah sekitar 30 cm, jika kurang dari itu meskipun dalam pikiran kita akan lebih fokus ternyata tidak. Dengan jarak membaca yang kurang tepat maka akan membuat Anda lebih kesulitan untuk memahami konten yang sedang dibaca. Jarak ini juga akan membantu otak untuk menjadi lebih rileks sehingga siap untuk menerima segala informasi dari bacaan tersebut.

 

Menggerakan Jari Saat Membaca

Untuk bisa membaca efektif maka Anda bisa menggunakan jari untuk menelusuri bagian kalimat yang sedang dibaca. Hal ini bisa membantu untuk meminimalisasi kemungkinan Anda untuk mengulang membaca atau ada bagian konten yang lolos untuk dipahami. Jadi hal ini merupakan kebiasaan yang penting untuk dilakukan ketika Anda ingin membaca secara efektif untuk lebih cepat mendapatkan informasi.

 

Biasakan Tidak Membaca Setiap Kata

Sebaiknya saat membaca Anda menghindari untuk membaca kata per kata karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami makna atau maksud yang ingin disampaikan di dalamnya. Jadi yang disarankan untuk dilakukan adalah membaca satu kalimat secara utuh sehingga Anda bisa menangkap makna di dalamnya juga secara utuh. Hal ini memang mungkin tidak bisa instan, tetapi harus mulai dilatih dan dibiasakan untuk melakukannya.

 

Lebih Sering Membaca

Luangkan lebih banyak waktu untuk membaca dan terus melatihnya. Dengan kemampuan yang terus dilatih maka Anda bisa membaca efektif dan mengembangkan kemampuan tersebut sebaik mungkin. Jadi lakukan kegiatan membaca secara konsisten dengan pikiran yang fokus dan rileks sehingga Anda bisa belajar banyak hal dan mendapatkan berbagai informasi yang tepat untuk dijadikan sebagai modal menulis serta meningkatkan pengetahuan Anda.

 

Menandai Bagian yang Penting

Saat membaca buku milik Anda sendiri tentu saja bisa diberikan highlighter di bagian-bagian yang memang penting. Hal ini juga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan inti dari konten yang disampaikan dalam buku tersebut. Selain itu, ketika nantinya Anda ingin membaca informasi itu lagi bisa memperhatikan highlighter yang sudah diberikan sebelumnya agar lebih cepat dan efektif saat mendapatkan informasi.

 

Jadi melatih diri untuk bisa membaca secara efektif dan mendapatkan informasi optimal sangat penting untuk Anda lakukan. Nantinya Anda akan merasakan manfaat dari kemampuan ini, terutama untuk yang memang ingin membuat sebuah karya buku. Mulailah untuk melakukan membaca efektif dari sekarang sebagai langkah awal meningkatkan kemampuan diri dan modal menghasilkan karya tulisan berkualitas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.