Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat membuat karya buku adalah daya tarik tulisan tersebut. Dengan daya tarik yang bisa dioptimalkan maka nantinya akan memuaskan pembaca saat membaca karya Anda. Tentu saja hal ini perlu untuk menjadi bagian dari pertimbangan Anda sebelum mulai menulis karena memang hal ini bisa masuk dalam rencana di awal proses penulisan.

 

Tulisan yang Sedikit Menghibur

Jika yang Anda tulisa adalah buku yang kontennya sedikit formal atau berbau keilmuan, bukan berarti tidak bisa diberikan sedikit hiburan. Anda bisa menyelipkan sedikit humor yang akan membut tulisan tersebut menjadi lebih fresh. Tentunya Anda juga perlu untuk memperhatikan agar humor yang diberikan juga tidak berlebihan, tetapi cukup mengena dan sesuai usia target pembaca nantinya. Dengan begitu buku Anda akan terasa lebih menarik dan tidak terlalu berat untuk dipahami.

 

Memberikan Kejutan

Lebih banyak penulis yang menggunakan teknik ini untuk menjadi daya tarik tulisan dalam buku karyanya adalah penulis fiksi. Permainan plot dan akhir yang mengejutkan tentunya akan sangat menarik perhatian dari para pembaca. Namun jika Anda menulis buku jenis lain bisa juga diberikan kejutan dengan adanya worksheets, trik melakukan sesuatu, atau hal lain yang bisa membuat pembaca melihat ada sesuatu yang berbeda pada karya tulisan Anda dibandingkan dengan tulisan yang lainnya. Tentunya hal ini juga akan menjadi salah satu kelebihan yang menguntungkan untuk Anda manfaatkan dengan baik.

 

Membuat Alur yang Jelas

Alur penulisan buku yang sudah direncakan dengan baik akan membuat para pembaca menjadi lebih mudah untuk memahaminya. Alur cerita, penggambaran, atau penjelasan yang ada di dalamnya harus dibuat semenarik mungkin agar membuat orang lain penasaran dan ingin terus membaca kelanjutan isi dari buku yang Anda tulis. Dengan begitu mereka akan mendapatkan manfaat yang optimal dari tulisan karya Anda karena adanya rasa penasaran yang terus dipancing dan mendapatkan jawaban yang memuaskan.

 

Membuat Hal Baru

Anda bisa merencanakan dengan di awal sebelum proses menulis apa yang akan menjadi daya tarik tulisan yang dibuat. Harus ada hal yang membedakan buku Anda dengan karya lainnya. Bisa dari konten, desain, atau hal lain yang menjadi bagian dari karya buku Anda. Hal ini tentu saja harus dipertimbangkan dan direncanakan sebaik mungkin agar hasilnya lebih optimal dan bisa diterima dengan baik oleh para pembaca nantinya.

 

Dengan adanya daya tarik yang optimal maka Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari para pembaca. Adanya perhatian ini nantinya juga akan memaksimalkan manfaat yang mereka dapatkan dari membawa karya buku Anda. Jadi Anda harus menemukan daya tarik tulisan yang dibuat terlebih dahulu sebelum mulai menulis dan memasarkannya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.