Saat ini masih banyak orang yang suka membaca karya fiksi maka ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda menjadi penulis fiksi. Memang ada tantangan tersendiri ketika Anda harus bermain dengan imajinasi dan mengembangkan cerita menjadi sesuatu yang menarik untuk dibaca. Tentunya ada berbagai hal yang perlu untuk diperhatikan, tetapi ada trik yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi seorang penulis cerita fiksi yang sukses.

 

Terbuka dengan Isu Terkini

Dengan mengikuti berbagai berita atau isu yang ada saat ini maka akan memberikan lebih banyak sudut pandang atau informasi yang juga bisa Anda masukkan dalam cerita tersebut. Meskipun tulisan fiksi adalah hasil dari imajinasi, tetapi harus tetap relevan dengan kondisi yang ada saat ini. Jadi Anda perlu tetap memperhatikan berita dan isu terkini yang akan membuat cerita Anda juga lebih dekat dengan pembaca nantinya.

 

Menyaring Ide yang Dimiliki

Dari berbagai informasi dan isu yang sudah Anda dapatkan tentunya tidak semua bisa dimasukkan dalam tulisan. Anda harus mempertajam kemampuan untuk mengetahui isu mana yang bisa dimasukkan dalam jalan cerita agar semuanya tetap relevan dan berkaitan satu sama lain. Mempertahankan alur cerita yang sudah didesain sebelumnya tentunya sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Dengan begitu, cerita yang Anda buat tentunya bisa diterima dengan baik oleh para pembaca.

 

Membuat Pedoman Alur Cerita

Sebagai penulis fiksi yang baik maka Anda membutuhkan list lengkap yang berisikan informasi tantang genre buku yang ditulis, karakter setiap tokoh, tujuan dari tokoh utama, plot konflik, hingga akhir dari cerita yang diinginkan. Dengan begitu akan lebih mudah nantinya jika akan mengembangkan cerita berdasarkan pedoman yang sudah dimiliki sebelumnya. Hal ini juga akan membantu Anda tetap fokus dalam menjaga alur cerita tidak berkembang ke arah yang tidak jelas dan justru akan membuat bingung ketika dibaca.

 

Mempertajam Kemampuan Menulis dengan Membaca

Salah satu cara yang paling mudah untuk mempertajam kemampuan Anda dalam menulis adalah dengan membaca. Anda bisa membaca baik karya fiksi maupun nonfiksi sehingga ada Anda bisa belajar cara menulis yang baik dan membuat pembaca mudah memahami apa yang Anda tulis. Selain itu, tentu saja kemampuan ini juga harus diasah terus sampai berkembang lebih baik lagi sesuai yang Anda harapkan.

 

Jangan takut untuk memulai dan yakinlah pada kemampuan Anda. Semua orang yang sudah hebat di bidang ini pun juga memulainya dari tidak tahu apa-apa dan akhirnya mempelajari sedikit demi sedikit. Jadi Anda pun bisa menjadi penulis fiksi asalkan mau untuk terus mengembangkan diri dan tidak menyerah dengan segala tantangan yang muncul dalam proses menulis yang dijalani.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.