Melatih kegemaran menulis sejak kecil memang akan sangat menguntungkan dan memberikan banyak manfaat maka mengajarkan anak-anak menulis sedini mungkin memang perlu untuk dilakukan. Kegiatan menulis ini akan membantu anak untuk mengembangkan kecerdasan otaknya dan kemampuannya dalam berpikir sehingga nantinya anak Anda juga akan memiliki kecerdasan yang optimal dari kemampuan yang satu ini.

 

Mengajarkan Anak Usia Balita

Untuk anak yang usianya masih balita maka cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan mereka menulis yang pertama adalah mengajarkan cara memegang pensil atau pulpen. Biarkan mereka menggambar secara asal sesuka hati mereka. Berikan media yang tepat untuk bisa mengekspresikan keinginan mereka menggambar sesuatu. Dengan begitu tidak hanya kecerdasannya dalam berimajinasi, tetapi juga mengembangkan kemampuan motoriknya dalam menggenggam dan membuat sebuah gambar.

 

Menuliskan Hal yang Sederhana

Jika anak Anda sudah lebih besar maka bisa diajarkan untuk menulis sesuatu yang sederhana. Contohnya saja Anda bisa meminta anak untuk menuliskan namanya sendiri, nama orang tua, atau orang-orang terdekatnya. Selanjutnya, Anda bisa mengajak anak bermain seolah-olah Anda membeli di warung makan dan mereka adalah pelayannya. Mereka harus mencatat pesanan makanan yang Anda sebutkan, bermain peran seperti ini juga bisa mengembangkan kemampuan anak-anak menulis.

 

Menulis Kegiatan Sehari-Harinya

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk membiasakan anak untuk menuliskan kegiatan yang sudah dia lakukan seharian atau hal yang ingin dilakukannya. Menuliskan mimpi mereka meskipun sesuatu yang sederhana juga akan membawa mereka untuk memahami bahwa menulis itu adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini juga akan membiasakan mereka untuk terbiasa merencanakan harinya, serta menjadi anak yang lebih terorganisasi dengan baik.

 

Belajar Membuat Cerita Sederhana

Agar kemampuan anak-anak menulis menjadi semakin berkembang maka Anda bisa meminta atau mengajarkan mereka untuk menuliskan suatu cerita yang ada dalam imajinasinya. Tidak perlu terlalu banyak, cukup dengan 1 sampai 3 paragraf saja. Namun jika hal ini dilakukan cukup sering maka akan membantu anak untuk mengembangkan imajinasi dan lebih menyukai kegiatan menulis yang bermanfaat untuk perkembangan kemampuan otak dan kecerdasannya.

 

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk membiasakan anak menulis adalah memberikan contoh. Jangan bosan untuk mengajarkan secara perlahan untuk anak-anak agar mau terus mengembangkan kemampuannya dalam membuat sebuah tulisan. Jika terus-menerus dilakukan sampai anak berusia cukup besar maka kebiasaan anak-anak menulis akan terbawa dan memberikan dampak yang besar dalam proses berpikirnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.