Sejak masih duduk di bangku sekolah, tentunya Anda sudah akrab dengan yang namanya kegiatan menulis dan ternyata ada begitu banyak manfaat menulis bisa Anda dapatkan. Apalagi jika Anda melakukannya secara terus-menerus sampai dewasa. Ada berbagai efek positif yang akan Anda rasakan dalam diri sendiri ketika membangun kebiasaan menulis.

 

Tidak harus menulis dengan karya besar seperti buku atau semacamnya. Namun Anda bisa menulis sekadar buku harian, catatan pribadi, artikel, atau tulisan-tulisan ringan lainnya. Dengan begitu Anda bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan optimal, tetapi tetap bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan menulis ini.

 

Membantu Mendapatkan Ide Lebih Cepat

Dalam kondisi tertentu tentunya Anda akan dihadapkan dengan suatu halangan yang membutuhkan ide sebagai solusinya. Bagi orang yang terbiasa menulis maka akan memiliki pola pikir yang berbeda dengan mereka yang tidak terbiasa melakukannya. Saat menulis Anda akan berpiki untuk menemukan kosakata, menemukan ide, hingga mengembangkan ide yang sudah didapatkan untuk menulis. Untuk itu, salah satu manfaat menulis ini akan sangat berguna untuk kehidupan Anda terutama dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

 

Membangun Kepribadian yang Baik

Ketika Anda menulis tentang sesuatu tentunya Anda akan mencari informasi tentang hal tersebut baik dari berbagai sumber maupun diri sendiri. Dengan kebiasaan ini maka Anda akan terbiasa untuk mengembangkan kepribadian menjadi lebih baik. Anda akan mempelajari mengenai hal yang seharusnya dilakukan dan tidak. Tentunya hal ini terjadi tanpa Anda sadari sepenuhnya, tetapi manfaatnya akan sangat terasa adanya perubahan pada diri dan kepribadian Anda.

 

Lebih Produktif

Saat Anda menulis baik membuat tulisan ringan atau buku di waktu luang saat tidak melakukan pekerjaan utama sehari-hari. Tentunya hal ini akan melatih Anda untuk menjadi orang yang lebih produktif karena terbiasa untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Apalagi catatan-catatan kecil yang Anda buat setiap harinya juga bisa dijadikan sebagai buku nantinya. Jadi setiap hal yang Anda lakukan akan memberikan dampak yang baik kemudian hari.

 

Membuat Otak Lebih Cerdas

Ketika Anda menulis maka Anda juga akan membaca banyak informasi untuk dijadikan sebagai bahan tulisan. Menulis ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk membuat otak berolahraga dan meningkatkan fungsinya menjadi lebih baik. Termasuk meningkatkan kemampuan untuk melakukan analisa, membuat kesimpulan, dan berpikir aktif sehingga tingkat kecerdasan Anda juga akan ikut meningkat seiring perkembangan kemampuan ini.

 

Jadi dengan adanya banyak manfaat yang Anda dapatkan dari kegiatan menulis ini maka tidak ada salahnya jika Anda mulai untuk melakukannya dari sekarang. Bisa dimulai dari tulisan-tulisan kecil dan terus dikembangkan, dilakukan secara konsisten sehingga Anda akan merasakan manfaat menulis secara optimal nantinya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.