Sumber: kredivo.com

Jika semangat nasionalisme dalam mengusir penjajahberkobar pada zamannya maka sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita terus meningkatkan jiwa nasionalisme kita.

Tahukah kamu, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme, loh. Salah satunya adalah dengan membaca buku. Asyik, bukan? Dengan membaca buku, khususnya yangbertema nasionalisme, kamu akan mendapat wawasandan kesadaran tentang semangat nasionalisme. Secara tidak langsung, itu akan meningkatkan jiwa nasionalisme kamu.

Nah, berikut ada lima buku yang dapat kamu baca untuk meningkatkan jiwa nasionalisme.

Buku Membentuk Generasi Religius-NasionalisKarya Heni Lestari (2020)

Sumber: Arsip Pribadi

Buku ini memberikan manfaat bagi pendidikan Islam untuk terus mengembangkan perannya dalam mendidikanak bangsa yang memiliki keimanan tinggi dan rasa nasionalisme yang kokoh.

Untuk kamu para orang tua, pendidik, dan pemerhatipendidikan, buku ini cocok sekali untuk dijadikanrujukan dalam mewujudkan generasi religius-nasionalis. Siap mencetak generasi hebat penerusbangsa, ya!

Buku Nasionalisme Ala Milenial: Sebuah Disrupsi?Karya Aula Hadi, dkk. (2021)

Sumber: lipipress.lipi.go.id

Buku yang baru saja terbit ini adalah buku rampai yang ditulis oleh empat belas penulis, salah satunya adalah Aulia Hadi. Pembahasan dalam buku ini sangat relevan dengan perkembangan zaman terkini, loh! Kamu akan diajak bertualang menyelami pembahasan terkait nasionalisme, milenial, fashion, dan media sosial. Wow,menarik bukan!

Buku ini juga memberi pesan kepada pembaca, khususnya kepada generasi milenial bahwa mereka memiliki kewajiban untuk menunjukkan rasa nasionalisme pada berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan sehari-hari. Bagaimana, tertarik untuk membaca buku ini?

Buku Soekarno, Islam, dan Nasionalisme Karya Badri Yatim (1999)

Sumber: tokopedia.com

Membaca buku ini akan membawamu menyelami pemikiran Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Penulis dengan gamblang menuliskan bagaimana pemikiran Soekarno tentang Islam dan nasionalisme di Indonesia. Secara tidak langsung, melalui buku inikamu juga akan belajar sejarah tentang Soekarno, lho!

Dari setiap halaman buku ini, akan membawa kamu lebih dekat dalam melihat sisi nasionalisme Bapak Proklamator Indonesia ini. Wah asyik, bukan! Belajar meningkatkan jiwa nasionalisme sembari belajarsejarah.

Buku Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia: Sebuah Tantangan Karya Thung Ju Lan dan M. ‘Azzam Manan (2011)

Sumber: bukalapak.com

Buku yang satu ini mengajak kamu menguak tentang nasionalisme dan ketahanan budaya di Indonesia yang kini sedang mengalami masalah. Meski demikian, buku ini mencoba memberikan solusi bagaimana menghadapi dan menjawab tantangan tersebut melalui beberapa pendekatan.

Buku yang memberi pesan kepada pembaca untuk dapat menyikapi globalisasi dengan cerdas ini sangat layak kamu baca untuk menambah jiwa nasionalisme kamu!

Buku Hatta: Aku Datang karena Sejarah Sergius Sutanto (2013)

Sumber: pesantrennuris.net

Buku ini mengisahkan perjalanan hidup Wakil Presiden pertama Indonesia, Moh. Hatta. Membaca buku ini akan membawamu pada sejarah nasionalisme Indonesia dan mengenalkanmu pada tokoh-tokoh yang menyuburkan benih-benih nasionalisme.

Melalui buku ini kamu akan diajak mengulik kemeluthidup Hatta dan bagaimana jiwa nasionalisme begitu kental melekat pada dirinya yang tentunya dapat membangkitkan jiwa nasionalismemu.

Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer (1980)

Sumber: shopee.co.id

Bagi kamu yang ingin meningkatkan rasa nasionalisme, tetapi tidak ingin membaca buku nonfiksi maka novel ini sangat cocok untuk kamu baca. Selain akan menikmati alur cerita, kamu juga akan tahu bagaimana perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kehormatan bangsa pribumi.

Meski nonfiksi, tetapi karya ini mengajakmu mengingat bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan kolonialisme yang secara tidak langsung akan mengingatkanmu pada perjuangan pahlawan bangsa di zaman dahulu. Jadi, jangan ragu untuk membacanya, ya!

Dari kelima buku di atas, mana nih buku yang menurutmu paling menarik dan ingin kamu baca? Eits, semuanya menarik dan wajib kamu baca! Semoga setelah membacanya, jiwa nasionalisme kamu semakin meningkat ya! Dan siapa tahu setelah membaca buku di atas, kamu justru tertarik untuk menulis buku sendiri.

Terlebih, saat ini banyak sekali pelatihan tentang kepenulisan yang akan membantumu mewujudkan karyamu. Salah satunya adalah Trainer Menulis yang kini telah berubah nama menjadi Book Writing Camp (BWC), sebuah program pelatihan kepenulisan untuk para pemula. Kamu juga tak perlu khawatir terkait biaya penerbitan bukumu nantinya karena sekarang sudah banyak penerbit buku murah di Indonesia.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.