Sumber: Dokumen Litera

Setiap daerah kini telah memiliki inovasinya masing-masing, mulai dari inovasi yang sederhana hingga inovasi yang kompleks sekalipun. Sejak adanya regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, banyak daerah yang gencar menciptakan inovasi daerahnya. Hal ini menunjukkan bahwa sudah banyak daerah yang memahami bagaimana eksistensi inovasi daerah. Bila ditelusuri lebih dalam, inovasi daerah dapat menjadi sebuah identitas bagi setiap daerah, apalagi inovasi yang dibuat adalah suatu hal yang baru dan sebelumnya tidak ada.

Memperluas Kolaborasi

Seperti yang kita tahu bahwa pada zaman modern ini kolaborasi menjadi sebuah tren, semakin banyak melakukan kolaborasi maka semakin banyak pula manfaat yang bisa diperoleh. Kolaborasi berarti kita melakukan kerja sama, interaksi, ataupun kompromi dengan pihak lain yang nantinya memberikan manfaat, baik langsung maupun tidak langsung.

Dengan melakukan kolaborasi, berarti ada beberapa eksekutor yang mengerjakan hal tertentu sehingga pengerjaan tugas tidak hanya dilakukan oleh satu pihak, tetapi bisa dibagi dengan pihak lain. Dengan demikian, penumpukan beban tugas pun dapat dihindari. Efisiensi kerja juga dapat dicapai dengan optimal dan hal ini berdampak pada laporan inovasi daerah yang dapat disetorkan lebih awal kepada BPP Kemendagri.

Adanya kolaborasi berarti menambah ruang untuk diskusi sehingga ide ataupun cara baru untuk menyukseskan inovasi daerah semakin terbuka lebar. Jika OPD mengalami masalah pun dapat segera diatasi dengan cara melakukan tukar pendapat karena ada pihak-pihak yang mampu diajak diskusi. Tanggung jawab dan rasa percaya diri juga akan semakin terpupuk karena adanya kepercayaan dari pihak lain yang diajak berkolaborasi. Tak hanya itu, kolaborasi juga memberikan manfaat dari segi komunikasi. Kita semua sepakat bahwa adanya kolaborasi berarti akan ada proses bersinggungan dengan pihak lain sehingga sudah pasti menuntut adanya komunikasi yang efektif di dalamnya. Komunikasi yang terbangun dengan baik akan berpengaruh pada pencapaian inovasi yang baik pula.

Sumber: banyuwangikab.go.id

Menciptakan Perbedaan

Ide dari setiap orang pasti bermacam-macam, tetapi kita juga tidak bisa memungkiri bahwa terkadang kita juga menemui kebuntuan ide. Hal ini pula yang bisa terjadi pada suatu ide inovasi daerah. Tidak dapat dimungkiri bahwa terkadang inovasi daerah yang ada ternyata sudah dibuat oleh daerah lain sehingga para inovator harus memutar otak agar dapat menciptakan inovasi bagi daerahnya.

“Tampil beda” adalah salah satu cara yang telah disebutkan dalam buku Inovasi Daerah antara Realitas dan Harapan karya Ray Septianis Kartika untuk menyiasati kemiripan bahkan kesamaan inovasi antardaerah. Untuk mengeksekusi cara satu ini, pertama-tama dibutuhkan seni berpikir yang inovatif dan kreatif. Selain itu, para inovator juga dapat mencari sisi kebaharuan dari inovasi daerah yang sudah ada. Sisi kebaharuan inovasi daerah tidak selalu secara keseluruhan, tetapi juga bisa sebagian saja.

Para inovator dapat mengembangkan sisi kebaharuan dari sebuah inovasi daerah. Mengembangkan di sini berarti mengolah inovasi yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru, jadi tidak serta-merta melakukan copy paste inovasi daerah yang telah ada. Dengan menerapkan prinsip untuk tampil beda, para inovator akan bersemangat untuk mencari cara agar dapat menghasilkan inovasi yang maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung hal ini adalah dengan melakukan studi banding ataupun kerja sama dengan daerah lain agar mampu mencetuskan ide-ide baru.

Tampil beda bisa dilakukan dari berbagai sisi, Ray Septianis Kartika dalam bukunya menjelaskan bahwa tampil beda dalam inovasi daerah dapat dimaknai mulai dari berbeda untuk menciptakan produk hasil inovasi, berbeda dalam pengolahan bahan baku, dan berbeda untuk persoalan bisnis. Perbedaan-perbedaan tersebut juga tidak selalu memerlukan pendanaan yang besar, apalagi jika didukung kreativitas yang mumpuni maka dengan modal minim pun sudah bisa melahirkan inovasi yang berbeda dengan yang sudah ada.

 

Membuat sebuah inovasi daerah memang bukanlah hal yang mudah, perlu ada kajian khusus sebelum menciptakan inovasi daerah yang spektakuler dan berdaya saing unggul. Dalam buku Inovasi Daerah antara Realitas dan Harapan telah dijelaskan berbagai cara menciptakan inovasi daerah yang optimal. Tak hanya itu, dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana cara menjadi fasilitator yang dapat mendampingi inovator secara optimal dalam menciptakan dan menjalankan inovasinya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.