Dalam proses menulis dan menerbitkan buku, Anda perlu memahami pentingnya segmentasi buku. Segmentasi ini sangat penting untuk dilakukan karena nantinya akan memberikan efek yang besar untuk penjualan buku Anda. Sama halnya dengan sebuah bisnis yang membutuhkan segmentasi sebagai target konsumennya maka begitu juga dengan buku.

 

Jika Anda bisa menentukan segmentasi untuk buku dengan baik maka akan lebih mudah untuk proses penjualannya nanti. Target ini juga akan menjadi tujuan yang ingin dicapai sehingga buku Anda lebih terarah sesuai dengan pembaca yang dituju. Tentu dalam melakukan segmentasi buku ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik.

 

Menentukan dari Jenis Kelamin Pembaca

 

Menentukan segmentasi jenis kelamin ini akan membantu Anda untuk mengembangkan cara penyampaian yang tepat dalam buku tersebut. Misalnya saja untuk buku parenting yang kebanyakan ditujukan untuk para wanita atau buku tentang bengkel yang lebih ditujukan pada laki-laki. Anda perlu memahami bahwa pola pikir dari laki-laki dan perempuan tentunya berbeda. Laki-laki akan lebih mengedepankan logika sedangkan perempuan lebih pada perasaannya. Sehingga pentingnya segmentasi buku bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui cara menyampaikan konten yang ingin dituliskan dalam buku.

 

Memperhatikan Profesi Pembaca

 

Dalam menulis sebuah buku, memungkinkan Anda untuk menggunakan istilah-istilah khusus di dalamnya. Sehingga dengan memperhatikan profesi pembaca nantinya agar bisa menyesuaikan dengan pemikiran mereka dan apa yang sekiranya ada dalam keresahan pikiran mereka. Jika Anda memilih untuk mempertimbangkan segmentasi pasar yang lebih luas maka bisa memilih untuk menggunakan pola kalimat dan konten yang bisa diterima oleh berbagai kalangan.

 

Segmentasi Berdasarkan Usia Pembaca

 

Tentu saja usia juga ikut andil dalam pertimbangan pengembangan konsep buku Anda. Mulai dari tema, pola kalimat, dan berbagai pemikiran lainnya sangat penting untuk disesuaikan dengan usia pembacanya. Dengan begitu Anda bisa membidik dan memberikan efek yang besar pada perubahan pola pikir mereka setelah membaca tulisan di buku Anda. Hal ini menjadi salah satu alasan pentingnya segmentasi buku dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang baik dan persiapan yang matang.

 

Dalam hal ini ketika Anda akan menerbitkan sebuah buku maka mendapatkan bimbingan dan pertimbangan dari pihak yang sudah ahli tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bimbingan ini bisa Anda dapatkan dari penerbit yang sudah profesional dan berpengalaman untuk memberikan saran bagi penentuan segmentasi buku yang tepat.

 

Mengingat tahap ini sangat penting maka jangan sampai Anda sembarangan dalam menentukannya. Melakukan konsultasi pada pihak yang tepat adalah keputusan yang benar. Begitu pula dengan fasilitas yang diberikan oleh Litera Media Tama untuk membantu Anda menemukan cara pengembangan buku dengan tepat termasuk mempertimbangkan pentingnya segmentasi buku untuk dilakukan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.