Merupakan suatu hal yang wajar jika saat sedang menyelesaikan proyek menulis kemudian Anda merasa kehabisan ide, tetapi tidak perlu khawatir karena ada trik menulis yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Ketika Anda sedang merasa tegang dan tertekan tentu saja akan semakin sulit untuk menemukan ide yang cocok untuk dikembangkan dalam proyek tulisan Anda saat itu.

 

Saat mengalami masa seperti ini maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu. Lepaskan segala tekanan yang ada agar pikiran Anda menjadi lebih rileks dan bisa menerima segala inspirasi yang ada di sekitar. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan cara yang tepat menemukan ide baru yang akan dikembangkan kembali.

 

Cobalah Untuk Bersantai Sejenak

 

Jika Anda sudah mulai jenuh dengan tulisan yang sedang dikerjakan cobalah untuk beristirahat dan bersantai sejenak. Tinggal laptop atau ruang kerja Anda untuk berjalan-jalan sejenak, melihat pemandangan di luar dan menghirup udara segar. Tidak perlu jauh-jauh, tetapi Anda bisa melakukannya di sekitar rumah setidaknya untuk mendapatkan suasana yang berbeda dari ruanga kerja Anda. Sehingga dengan pikiran yang lebih rileks dapat menghilangkan rasa jenuh dan membantu Anda untuk menangkap ide lebih optimal lagi.

 

Mencari Inspirasi dari Pengalaman Pribadi

 

Misalnya Anda sedang menulis novel atau buku motivasi, Anda bisa berkaca pada hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Banyak juga penulis yang menghasilkan karya besar berawal dari pengalaman pribadinya. Maka Anda bisa mulai memfilter pengalaman mana yang bisa masuk dengan tema atau konsep buku yang sedang ditulis. Sehingga hal ini akan sangat menguntungkan karena Anda bisa menggali lebih banyak dari diri sendiri untuk diceritakan dalam buku. Ini adalah trik menulis untuk mendapatkan ide yang tepat dan cepat.

 

Sharing Dengan Orang Terdekat

 

Ketika pikiran Anda sudah jenuh untuk memikirkan sesuatu maka tidak akan ada ide yang bisa masuk ke otak. Anda bisa mengajak teman atau kerabat dekat untuk bertukar pikiran. Proses sharing ini juga akan meringankan beban pikiran Anda. Selain itu, terkadang dari cerita dan saran mereka Anda juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis. Anda juga bisa meminta pendapat terkait ide yang sudah ada untuk bisa dikembangkan lebih maksimal lagi.

 

Atur Waktu Untuk Istirahat

 

Bagaimana pun tubuh dan pikiran juga butuh untuk istirahat, sehingga Anda harus pintar untuk mengatur waktu bekerja dan istirahat. Meskipun banyak trik menulis yang diaplikasikan di dalamnya, tetapi jika pikiran Anda tetap dalam keadaan yang lelah maka tidak kan maksimal tulisan yang dihasilkan. Jadi pastikan waktu istirahat Anda cukup untuk kemudian kembali bekerja dan menulis, menyelesaikan karya yang sudah Anda mulai. Dengan begitu untuk menangkap ide dan mengembangkannya Anda juga akan memiliki energi yang cukup.

 

Anda bisa menyesuaikan solusi mana yang paling cocok untuk dilakukan sebagai langkah menemukan kembali ide yang sempat buntu saat menulis. Dalam proses menulis, merasa kehabisan ide memang menjadi tantangan tersendiri untuk setiap penulis sehingga Anda harus mencari cara untuk mengatasinya dengan benar. Berbagai trik menulis bisa saja dicoba, tetapi hal yang paling penting adalah tetap membuat diri Anda nyaman dalam proses tersebut.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.