Salah satu langkah penting yang biasanya menjadi PR bagi para penulis adalah mencari judul yang tepat, untuk itu ada tips membuat judul buku yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Mencari judul yang paling tepat akan membantu untuk bisa menghasilkan judul buku yang menarik untuk para pembaca saat melihatnya.

 

Tentu judul buku menjadi bagian yang sangat penting karena judul adalah hal pertama yang mampu menarik perhatian orang lain. Melalui judul bisa menjadi bahan pertimbangan seseorang akan membeli dan membaca buku Anda atau tidak. Sehingga persiapan dan pertimbangan yang matang harus diperhatikan dengan baik dalam memilih judul yang tepat.

Judul yang Membuat Penasaran

 Saat orang membaca judul Anda, pastikan mereka merasa penasaran dan merasa ingin tahu lebih banyak tentang konten di dalamnya. Jika Anda bisa membuat judul yang mampu membuat orang lain merasa penasaran dan tertantang sekaligus maka akan sangat bagus. Orang yang sedang penasaran maka akan mencari hal yang dapat memenuhi rasa penasarannya. Cobalah untuk mencari kombinasi kata dan bahasa yang tepat untuk menghasilkan dorongan rasa penasaran pembaca.

Judul yang Bombastis

 Dalam hal ini judul yang dikatakan bombastis memang tidak ada patokan yang pasti karena ini adalah masalah selera. Tetapi Anda bisa mengaplikasikan untuk lebih memilih judul yang menggunakan pilihan kata tepat dan menarik. Bisa menggunakan rima yang sama atau kombinasi kata yang unik. Contohnya 5 cm (Donny Dirgantoro) dan Ayat-Ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy). Judul-judul tersebut sudah menjadi best seller di pasaran karena memang menarik dan memiliki makna yang dalam dikisahkan dalam ceritanya.

 

Aktif dan Tepat Sasaran

 

Dengan kekuatan ide yang Anda kembangkan dalam buku tersebut bisa tercermin dalam judul yang dipilih. Sehingga pemilihan kata yang aktif dan tepat sasaran sesuai dengan pembaca yang dijadikan sebagai target. Pembaca akan merasa buku tersebut memang ditujukan untuk mereka secara khusus. Dengan begitu Anda bisa dekat dengan pembaca bahkan saat mengaplikasikan tips membuat judul buku dengan benar.

Judul Harus Spesifik

 Jika judul buku yang Anda pilih sudah spesifik dan cukup menjelaskan isi buku. Sehingga saat membaca meskipun dibuat penasaran, tetapi pembaca memiliki gambaran tentang isi buku dan informasi apa yang akan mereka dapatkan di dalamnya. Sehingga hal ini juga menjadi salah satu kriteria yang menarik untuk para pembaca saat melihat buku Anda dan tertarik untuk membacanya.

Memang seakan cukup mudah untuk bisa mengaplikasikan, tetapi memilih judul memang memiliki tantangan tersendiri. Karena judul ini adalah bagian besar yang akan menjual buku Anda lebih maksimal lagi. Pastikan Anda sudah mengaplikasikan tips membuat judul buku dengan baik dan benar sehingga bisa membuat formulasi kata yang menarik untuk dijadikan sebagai judul buku.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.