Menulis memang menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan apalagi jika Anda mengetahui manfaat menulis buku yang ternyata luar biasa. Bahkan ada beberapa manfaat yang tidak terduga bisa didapatkan. Sehingga manfaat ini menjadi alasan bagi Anda untuk mulai menulis apa pun itu sebagai awalan, misalnya menulis catatan pribadi atau bahkan mulai menulis di blog.

Kegiatan menulis ini bukan hanya untuk anak muda, tetapi orang yang sudah berusia lanjut juga perlu untuk melakukannya. Beragam manfaat bisa didapatkan jika Anda mulai membiasakan diri untuk belajar menulis. Mungkin awalnya akan cukup sulit tetapi ketika Anda sudah menjalankannya maka akan ada manfaat besar yang dirasakan.

Menjadi Media Mengekspresikan Diri

Tidak semua orang bisa ekspresif dengan perasaan yang sedang dirasakannya, hal ini jika terus dipendam tentu saja akan menjadi penyebab stres dalam diri Anda. Maka salah satu manfaat menulis buku adalah membantu untuk melepaskan tekanan tersebut. Anda bisa mengekpresikan emosi yang ada sebagai modal menghasilkan tulisan yang memiliki rasa.

Proses Membangun Personal Branding

Dengan kualitas tulisan Anda yang semakin baik dan mampu menginspirasi atau bermanfaat untuk banyak orang maka semakin baik juga citra diri Anda di mata orang lain. Tentunya menulis bisa menjadi sarana untuk membangun personal branding yang optimal sesuai harapan. Anda bisa lebih mudah untuk dikenal banyak orang dan lebih menonjol dibandingkan lainnya melalui sebuah tulisan. Apresiasi yang diberikan oleh para pembaca Anda tentunya juga akan menjadi pendorong untuk menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas.

Tempat Berbagi

Ketika anda memiliki ide atau gagasan tersendiri maka salah satu manfaat menulis buku yang juga menguntungkan sekaligus membahagiakan adalah untuk media sharing. Anda bisa membagikan ide atau ilmu baru kepada para pembaca. Hal ini tentu menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi sebagian orang ketika tulisannya mampu memberikan manfaat untuk lebih banyak orang. Bahkan mampu memberikan inspirasi untuk bergerak dan melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Membawa Hidup Menjadi Lebih Sehat dan Positif

Dengan adanya segala tekanan atau perasaan terpendam yang Anda tuangkan dalam bentuk tulisan maka pikiran Anda akan jauh lebih positif dibandingkan sebelumnya. Dengan pikiran yang positif tentunya juga akan berpengaruh terhadap tubuh Anda secara keseluruhan. Secara psikologis ketika Anda mengeluarkan segala perasaan sedih atau beban pikiran lainnya maka rasa bahagia akan mendominasi pikiran Anda, sehingga tidak ada waktu untuk tertekan tetapi Anda bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih produktif.

Kesempatan Mendapatkan Keuntungan

Salah satu manfaat menulis buku setelah buku Anda bisa diterbitkan tentu saja adalah karya yang bisa terus dikenang. Anda meninggalkan jejak yang bisa bermanfaat untuk orang lain juga. Selain itu ada profit yang akan didapatkan setelah proses penjualan dijalankan. Sehingga ada keuntungan lebih yang Anda dapatkan dengan menghasilkan sebuah karya dalam bentuk buku, tentu saja hanya bisa didapatkan dengan mulai menulis.

Tidak perlu khawatir nantinya Anda kesulitan untuk menulis atau bahkan merasa tidak bisa membuat tulisan yang berkualitas. Hal yang terpenting adalah mengusahakan untuk terus mencoba dan belajar. Menulis adalah soal latihan dan membiasakan diri, ketika Anda mau mengembangkannya maka kemampuan tersebut juga akan terus meningkat. Seberapa jauh manfaat menulis buku yang akan Anda dapatkan bergantung dari cara Anda memaksimalkan manfaat tersebut.

Bagikan Ke:

1 comment

  1. […] menjadi lebih santai sehingga dapat menurunkan tingkat stres setidaknya sebesar 67%. Salah satu manfaat membaca buku ini bahkan bisa digunakan untuk membantu menangani seseorang yang memiliki gangguan mood atau […]

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.