Belakangan ini, penerbit indie sedang banyak digandrungi oleh para penulis-penulis mulai dari yang masih pemula hingga yang sudah berpengalaman untuk menerbitkan naskahnya. Hal ini dikarenakan mulai berkembangnya dunia penerbitan indie dan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari bantuan jenis penerbit ini.

 

Dalam perkembangannya, dulu jenis penerbit yang dilakukan secara indie ini dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Menganggap bahwa karya dari penerbit mayor lebih baik untuk dipublikasikan. Namun saat ini keadaan sudah berbeda karena buku terbitan indie juga sudah memiliki kualitas yang tidak kalah dengan penerbit mayor.

 

Awal Berkembangnya Penerbit Indie

Sebenarnya ini bukanlah penerbitan baru karena di Amerika saja penerbit indie sudah berkembang sejak awal abad ke 20. Pada saat itu, buku terbitan indie ini tidak banyak diterima oleh masyarakat dan mendapatkan stigma yang negatif. Bahkan Ney York Times tidak memberikan izin untuk adanya resensi buku terbitan indie yang tercetak di halamannya.

 

Adanya perkembangan paradigma seperti itu dikarenakan penerbit dengan jenis indie ini tidak memilih dan memilah naskah yang diterbitkan. Prinsip kerjanya adalah menerbitkan buku sesuka hati sesuai permintaan penulis. Sehingga kualitasnya diragukan untuk bisa dipublikasikan dan dibaca oleh masyarakat secara luas.

 

Kondisi ini juga berkembang hingga beberapa perpustakaan tidak mau menyimpan koleksi buku dari terbitan indie. Termasuk juga perpustakaan yang ada di kampus-kampus. Tentunya ini adalah penolakan yang begitu besar untuk adanya buku dari penerbit indie yang berkembang pada saat itu karena adanya stigma negatif yang belum bisa dihilangkan di kalangan masyarakat.

 

Maraknya Penerbit Indie Saat Ini

Di awal tahun 2000-an mulailah penerbit indie di Indonesia mulai banyak berkembang. Namun dalam awal perjalanan perkembangannya penerbit indie banyak yang harus tutup karena terdesak dengan adanya kapitalisme monopolis penerbit mayor yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang penerbitan ini.

 

Namun akhirnya beberapa tahun belakangan ini mulai banyak penerbit baru yang muncul. Dengan modal yang tidak terlalu besar akhirnya mereka bisa menerbitkan buku yang juga bisa terpajang dan terjual di toko buku besar. Apalagi penerbit dengan sistem indie ini memberikan bantuan untuk memenuhi keinginan penulis secara lebih optimal dalam menghasilkan sebuah karya buku yang dipublikasikan.

 

Dengan demikian, semakin banyak permintaan untuk penerbitan yang dilakukan secara indie. Sehingga semakin banyak penerbit indie yang bermunculan dan berkembang. Apalagi dengan teknologi saat ini, tanpa adanya bantuan dari toko buku maka karya yang dihasilkan oleh penerbit ini juga bisa terjual secara online dengan usahanya sendiri.

 

Menerbitkan di penerbit yang sistemnya indie akan memuaskan Anda karena setiap detail buku dibuat sesuai harapan Anda. Tentunya mendapatkan bantuan untuk melakukan proses editing, pembuatan cover, hingga media promosi adalah keuntungan lebih ketika Anda menggunakan penerbit yang sudah profesional dan berpengalaman. Sehingga nantinya kerja sama dengan penerbit indie ini akan memberikan keuntungan dan memudahkan proses publikasi.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.