Menulis novel merupakan kegiatan yang melibatkan imajinasi dan emosional. Untuk melahirkan cerita yang menarik, penulis harus melalui proses berpikir kreatif yang lumayan panjang. Hal ini disebabkan agar tulisannya dapat menyentuh hati dan pesannya tersampaikan kepada para pembaca. Ketika menuliskan cerita, tentunya ada komponen-komponen yang saling terikat di dalamnya, yang mana saling membantu untuk menguatkan isi novel.

Nah! Ketika menulis novel jangan melupakan komponen-komponen wajib yang harus ada di dalamnya. Apa sajakah komponen itu? Yuk simak!

  1. Tema

Tema merupakan tahap pertama yang harus ditentukan sebelum menulis sebuah novel. Tentukan dulu tema apa yang ingin diangkat agar genrenya pun dapat diketahui. Hal ini akan memudahkan penulis untuk membuat gambaran isi dari novel yang akan ditulis.

  1. Sudut Pandang

Ketika akan menulis sebuah novel, tahap kedua yang harus dilakukan oleh penulis ialah menentukan sudut pandang. Penulis harus memberikan keputusan di awal bagaimana ia memosisikan dirinya di dalam novel. Hal ini dapat memudahkan penulis untuk menentukan kata ganti apa yang harus dipakai.

  1. Karakter

Tahap ketiga yang wajib dan harus segera ditentukan ialah karakter tokoh yang ada di dalam novel. Tentukan karakter-karakter yang kiranya akan dimasukkan. Buatlah gambaran karakter tokoh dengan ciri khasnya. Tonjolkan ciri khas karakter dari masing-masing tokoh yang sesuai dengan kehidupan di dunia nyata. Hal ini dapat membuat isi novel lebih menarik untuk dibaca.

  1. Plot

Plot merupakan penentu dari awal hingga akhir jalannya cerita yang akan ditulis. Penulis harus konsisten menulis sesuai plot yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerancuan isi novel.

  1. Setting

Di dalam novel, komponen yang harus terpenuhi ialah setting. Melalui imajinasinya, penulis harus menggambarkan setting apa saja yang akan digunakan. Hal ini dapat menarik para pembaca dengan kesesuaian setting dan dialog di dalam novel.

  1. Konflik

Konflik merupakan komponen wajib terakhir yang harus ada di dalam novel. Penulis harus menentukan konflik yang akan diangkat. Konflik dapat menentukan ketertarikan isi cerita dan membuat pembaca penasaran dengan cerita yang akan terjadi selanjutnya.

Bagaimana? Sudah siap menulis novel?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.