Perkembangan dunia digital juga membawa pencetakan buku ke arah digitalisasi dengan adanya begitu banyak ebook yang bagus saat ini. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan untuk para pembaca mendapatkan buku favoritnya tanpa harus membeli secara fisik, tetapi bisa membaca dari gadget yang digunakan agar lebih praktis.

Namun, adanya kondisi ini juga memiliki risiko untuk dibajak dan disebarkan atau dijual secara ilegal. Tentu saja ini bukanlah hal yang Anda inginkan untuk terjadi. Oleh karena itu, sebelum membuat sebuah ebook Anda perlu memahami dengan baik cara untuk bisa melindungi keamanannya selama dijual di dunia maya.

Memberikan Imbauan Pada Pembaca

Memberikan peringatan atau imbauan kepada para pembaca tentu bisa menjadi langkah pertama untuk mencegah pembajakan ebook. Anda bisa menyampaikan bahwa ada undang-undang hak cipta yang melindungi buku tersebut sehingga hanya bisa dijual secara resmi oleh pihak penerbit dan pihak yang memang sudah bekerja sama secara legal. Pelanggaran atas hak ciptak ini tentu saja akan memberikan hukuman yang sesuai dengan peraturan di dalam undang-undang tersebut.

Mendaftarkan Hak Cipta Untuk Ebook

Biasanya selama ini kebanyakan orang yang menjual ebook hanya menambahkan ©Copyright – All Rights Reserved pada ebook yang disebarluaskan, tetapi kenyataannya masih banyak yang melakukan pembajakan ebook. Ternyata untuk bisa membuat ebook yang bagus Anda juga perlu untuk mendaftarkan hak ciptanya di Ditjen HAKI sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Cara ini adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk bisa lebih melindungi karya Anda yang dijual dalam bentuk ebook. Bisa juga dengan menerbitkan ebook dari buku yang sudah didaftarkan dan memiliki ISBN untuk memberikan kekuatan hukum lebih.

Menggunakan Software Khusus

Saat ini juga sudah ada software yang dibuat khusus untuk memberikan perlindungan lebih pada ebook yang Anda miliki. Software ini akan memberikan perlindungan dengan cara memblok orang yang ingin mencuri ebook lewat link download yang disebarkan. Software yang canggih ini sebenarnya cukup mudah untuk diaplikasikan sehingga Anda bisa mempelajarinya untuk bisa memberikan perlindungan terbaik bagi ebook yang dijual di dunia maya.

Dengan memberian perlindungan yang tepat untuk karya Anda maka nantinya akan dapat meminimalisasi masalah yang harus dihadapi. Anda bisa fokus untuk berkarya lagi dan tidak perlu khawatir mengenai ebook yang dijual. Membuat ebook yang bagus memang membutuhkan banyak pertimbangan, tetapi ada banyak juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mampu mengatur segalanya dengan baik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat