Dalam menerbitkan buku tentu saja ada standar yang harus dipenuhi. Agar karya Anda layak untuk diterbitkan maka perlu untuk memperhatikan standar yang diinginkan penerbit maupun para calon pembaca nantinya. Baik bagi Anda yang masih penulis pemula maupun yang sudah profesional juga tetap harus mengetahui standar layaknya sebuah karya buku bisa diterbitkan.

Layak Secara Konten Buku

Konten yang dimaksud layak dalam hal ini adalah mampu memberikan informasi dan manfaat tambahan bagi para pembaca. Jadi konten yang disajikan di dalamnya memang sudah terbukti, misalnya dilengkapi dengan hasil penelitian, pengamatan, dan data lainnya bukan hanya sekadar asumsi yang belum tentu benar adanya. Jadi konten yang Anda pilih untuk ditulis harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik.

Menyeleksi Bahasa yang Digunakan

Bahasa yang digunakan baik formal maupun santai tentunya boleh saja disesuaikan dengan pilihan Anda. Namun pastikan untuk tidak sampai ada bahasa yang terlalu aksar atau bahkan menyinggung pihak tertentu. Hal ini pastinya tidak akan membuat proses Anda dalam menerbitkan buku bisa saja mengalami kendala atau bahkan membuatnya menjadi tidak layak terbit. Hal seperti ini pastinya bukan sesuatu yang diinginkan maka dari itu Anda harus benar-benar menyeleksi setiap bahasa yang akan digunakan dalam naskah.

Memiliki Tampilan yang Menarik

Selain isi buku, ternyata tampilan atau desain buku juga menjadi salah satu syarat kelayakan menerbitkan buku. Tampilan yang bagus dan menarik sesuai konsep buku akan menjadi pendukung dalam meningkatkan kenyamanan pembaca dalam menikmati setiap konten yang disajikan di dalamnya. Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan konsep layout buku yang akan digunakan demi membuatnya menarik dan nyaman untuk dibaca nantinya setelah diterbitkan.

Memiliki Harga yang Layak

Setelah syarat lainnya sudah dipenuhi dengan baik maka selanjutnya adalah memperhitungkan harag jual yang tepat. Ini adalah tugas selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Memberikan harga untuk karya buku tentunya penuh dengan pertimbangan sehingga jangan sampai Anda salah dalam melakukan perhitungannya. Pastikan sudah disesuaikan dengan sasaran target pembaca yang sudah ditentukan sebelumnya sehingga nantinya untuk proses penjualan yang akan Anda lakukan tentu lebih mudah dan menguntungkan.

 

Sebuah karya kemudian tidak akan menjadi layak terbit secara instan. Ada berbagai pertimbangan dan persiapan yang perlu untuk Anda perhatikan dengan baik. Oleh karena itu, semua standar kelayakan untuk menerbitkan buku harus sudah Anda rencanakan sejak awal dan terus diperbaiki selama proses penyelesaian buku agar nantinya juga akan menguntungkan untuk Anda dan pembaca dalam mendapatkan manfaatnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat