Menjadi seorang penulis buku yang hebat memang dibutuhkan waktu lathian yang tepat dan efektif. Namun tidak sedikit yang dalam perjalanannya menjadi penulis karena mendapatkan beberapa kesulitan. Hal yang harus Anda pahami dengan baik adalah ketika seorang mengalami sebuah kesulitan atau kendala maka harus diatasi secara tepat bukan dijadikan alasan untuk berhenti menulis.

Kesulitan Menemukan Ide Tulisan

Banyak penulis pemula yang merasa kebingungan ketika harus menemukan ide yang cocok untuk dikembangkan menjadi sebuah buku. Padahal sebenarnya ide untuk menulis buku ada begitu banyak asalkan Anda bisa lebih terbuka pikirannya untuk menemukan ide tersebut. Merenungkan hal-hal kecil dalam kehidupan dan hal di sekitar adalah solusi yang paling tepat untuk bisa mendapatkan ide menarik agar buku tulisan Anda juga bisa menarik perhatian.

Merasa Takut Karyanya Ditolak

Saat ini sudah ada bantuan jasa dari penerbit indie yang akan membuat Anda jadi penulis buku tanpa harus khawatir karyanya akan ditolak oleh penerbit. Namun ketakutan berikutnya adalah karena karyanya khawatir tidak diterima oleh para pembaca. Tentunya hal ini menjadi kekhawatiran yang begitu dipikirkan apalagi untuk penulis pemula. Perasaan takut dan khawatir ini masih sering kali dijadikan sebagai alasan berhenti berkarya. Sebaiknya perasaan ini dikelola dengan baik agar nantinya tidak menjadi penghambat bagi Anda untuk terus berkarya.

Bingung Mau Menulis Apa

Ketika sebagai penulis buku yang masih pemula Anda berhasil menemukan ide yang tepat dan menarik untuk dituangkan di dalam karya buku, tetapi Anda justru bingung mengembangkan ide tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan Anda kurang membaca dan mencari referensi sehingga kosa kata yang dimiliki masih kurang, tentu saja kemudian Anda merasa kesulitan untuk mengembangkan ide yang ditemukan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membiasakan diri lebih banyak membaca dan memperluas kosa kata yang dimiliki.

Belum Terbiasa dengan Menulis

Jika Anda masih belum terbiasa untuk menulis maka akan kesulitan untuk memulainya dan terasa berat. Ini bisa jadi salah satu kendala yang membuat Anda kemudian tidak berkembang meskipun ingin menjadi seorang penulis buku. Untuk itu, langkah awal yang harus dilakukan adalah menulis saja agar nantinya Anda terbiasa untuk menulis dengan baik dan tata bahasa yang bisa dipahami oleh orang lain. Jadi, solusinya adalah mulai latihan menulis. Anda bisa memulai dengan sesuatu yang sederhana misalnya artikel atau semacamnya yang tidak membutuhkan terlalu banyak materi dan halaman.

Menulis buku bukan soal bagus atau tidak, tetapi lebih pada cara Anda menemukan solusi untuk setiap kendala yang ada. Selain itu, juga mengenai cara Anda untuk bisa mengembangkan ide yang mungkin sederhana menjadi sesuatu yang mampu memberikan manfaat untuk banyak orang sebagai pembaca nantinya. Jadi tidak perlu takut untuk mulai melangkah menjadi seorang penulis buku karena yang terpenting untuk Anda lakukan adalah memulainya dan terus berkarya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.