Dalam menghasilkan sebuah karya tentu belum tentu bisa diterima dengan baik oleh semua orang maka kemampuan untuk menghadapi kritikan dari orang lain tentunya jadi modal yang sangat penting. Termasuk saat Anda menghasilkan sebuah karya buku maka harus juga menerima kritikan dari pembaca agar nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan hasil tulisan Anda berikutnya.

Tidak Perlu Berusaha Menjelaskan

Ketika orang yang memberikan kritik tidak mengajukan pertanyaan kepada Anda maka tidak perlu berusaha menjelaskan apa pun. Hal ini berkaitan dengan tujuan atau fokus yang diinginkan oleh orang yang memberikan kritik, yaitu hanya untuk memberikan masukan pada diri Anda dan juga karya Anda. Jika Anda berusaha untuk memberikan penjelasan atas kritikan tersebut maka akan muncul sistem pertahanan secara otomatis dalam diri Anda untuk membela karya yang sudah dibuat.

Analisa Krititan

Jika sampai ada orang yang memberikan kritikan kurang baik pada hasil karya Anda maka cobalah untuk menganalisa alasan orang tersebut bisa berpikir seperti itu. Dengan pola pikir seperti ini Anda juga bisa menemukan kekurangan dari karya yang sudah dibuat sehingga bisa diperbaiki selanjutnya. Anda tidak perlu mencari alasan dan pembenaran untuk kritikan tersebut karena hal itu memang benar-benar dari apa yang muncul di pikiran orang lain ketika melihat karya atau tulisan Anda.

Kritikan Sederhana Juga Perlu Dipikirkan

Sikap untuk menghadapi kritikan selanjutnya adalah jangan sampai Anda menganggap sepele sebuah kritikan dari orang lain. Jika mindset Anda seperti itu maka tidak akan ada perkembangan yang terjadi dalam diri. Apa pun itu, sebuah kritikan yang disepelekan akan menjadi masalah untuk Anda di kemudian hari jika tidak diperbaiki dengan baik. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda berusaha untuk merenungkan setiap kritikan dengan hati yang tenang sehingga bisa merencanakan langkah selanjutnya yang harus diambil.

Tidak Perlu Menghindar

Memang bagi sebagian orang jika ada kekurangan dari hasil karyanya kemudian dikomentasi oleh orang lain maka akan terasa kurang nyaman. Namun, Anda tidak perlu untuk mengalihkan pembicaraan utamanya dengan sengaja. Menyadari bahwa memang kekurangan dalam karya itu ada merupakan sikap yang sangat baik untuk dikembangkan. Dengan begitu Anda akan lebih terbuka dan bisa menyerap hal baik dari setiap kritikan yang didapatkan. Ini adalah hal yang sangat menguntungkan untuk karier Anda selanjutnya terutama dalam berkarya.

Selama hidup, tentu akan selalu ada kritikan yang datangnya dari siapa saja. Hal ini tentu saja perlu untuk disikapi dengan baik agar dapat memberikan dampak yang positif, bukan malah sebaliknya. Jadi, Anda perlu untuk membuka diri dan belajar untuk menghadapi kritikan sebaik mungkin untuk mengonversi kritikan tersebut menjadi sesuatu yang lebih positif tentunya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.