Setiap orang tentunya memiliki karakternya masing-masing, hal ini juga yang membuatnya menjadi unik maka Anda juga harus menemukan karakter penulis seperti apa yang ingin Anda kembangkan. Karakter ini akan menjadi pendukung kuat untuk bisa menghasilkan buku dengan kualitas yang optimal dan menarik perhatian para pembaca.

 

Bahkan terkadang tanpa dibentuk, Anda sudah memiliki karakter ini secara alamiah. Jadi tugas Anda adalah menemukan karakter tersebut dan mengembangkannya dengan baik agar menjadi salah satu hal yang menguntungkan untuk karier menulis Anda. Jika dimanfaatkan dengan tepat maka karakter tersebut akan menjadi modal yang luar biasa untuk Anda.

 

Karakter Penulis Pengajar

Karakter penulis ini cenderung memiliki gaya tulisan yang memberikan informasi dan pengajaran pada bidang tertentu pada pembacanya. Biasanya tipe seperti ini sangat cocok digunakan untuk para trainer atau coach untuk membuat sebuah buku tentang bidang yang dikuasai. Tentu akan ada banyak orang yang membacanya sesuai dengan bidang yang dipilih dan ditulis.

 

Karakter Penulis Penjahit dan Perakit

Penulis penjahit sering juga disamakan dengan penulis perakit. Untuk karakter penulis penjahit ini akan mengadopsi beberapa tulisan lain untuk digabungkan menjadi tulisan baru dan karyanya, selayaknya orang menjahit yang menggabungkan beberapa bahan menjadi sesuatu yang baru. Namun untuk, penulis perakit akan melakukan rekonstruksi pada bahan tulisan yang didapatkan dari orang lain untuk dijadikan sebagai pola tulisannya sendiri sehingga penulis tipe ini akan menambahkan kreativitas dalam menulis buku berdasarkn bahan yang sudah didapatkannya.

 

Karakter Penulis Pelapor

Untuk tipe penulis seperti ini akan cenderung memberikan berbagai fakta dan data dalam tulisannya selayaknya seorang pelapor atau reporter. Jadi, dalam tulisannya akan ada banyak data dan informasi yang didapatkan oleh pembaca sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Untuk beberapa bidang karakter ini cocok untuk dikembangkan karena pembaca memang membutuhkan informasi dan data tersebut untuk mengambil keputusan untuk sesuatu.

 

Karakter Penulis Penelaah

Tipe karakter penulis yang satu ini memang memiliki ciri khas tersendiri dalam tulisannya karena ia sama sekali tidak melakukan konstruksi, menjahit, mengajari, atau melaporkan bahan tulisan yang didapatkan dari orang lain. Karakter ini akan cukup mengambil intisari dan alur dari karya tulisan orang lain untuk dijadikan pedoman dalam tulisannya. Namun hasil kajian dari sumber tulisan tersebut dibuat menjadi tulisan yang benar-benar murni dari terlaah yang sudah dilakukannya. Oleh karena itu, penulis dengan karakter ini memiliki ciri khas yang kuat dan tentunya memiliki tantangan besar untuk dilakukan.

 

Jika Anda adalah seorang penulis pemula maka bisa coba ditelaah mana karakter sebagai penulis yang Anda miliki. Tentunya Anda juga bisa mengembangkan salah satunya sesuai dengan bidang yang dikuasai serta konten karya tulisan yang ingin dibuat. Jadi, jangan khawatir ketika Anda merasa belum memiliki karakter penulis yang kuat karena hal ini bisa berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kedisiplinan Anda dalam menulis.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.