Bagi seorang penulis maupun seseorang yang senang menggeluti dunia kepenulisan, dunia penerbitan merupakan dunia yang sudah tidak asing lagi. Seorang penulis pasti menginginkan naskahnya dapat diterbitkan. Harapannya setelah naskahnya diterbitkan, kita sebagai penulis dapat mencapai tujuan kita dalam dunia kepenulisan, misalnya mendapat passive income maupun meningkatkan daya kepercayaan diri kita sebagai penulis.

Bagaimana sih Prosedur Sebuah Buku agar Bisa Diterbitkan?

Sebelum kita memulai perjalanan kita untuk sampai di tahap buku dipasarkan, kita harus memilih jenis penerbitan dan instansi penerbitan yang akan kita tuju. Setelah memilih jenis dan instansi penerbitan yang hendak dituju, tentunya kita akan melalui beberapa proses hingga buku tersebut diterbitkan dan dipasarkan. Kita harus mengikuti seluruh rangkaian proses sebelum buku siap dicetak. Kita tidak bisa melewatkan satu rangkaian saja. Ketika ada satu rangkaian proses saja yang terlewatkan, mungkin buku yang akan dihasilkan tidak maksimal. Kalau buku yang dihasilkan tidak maksimal, sudah pasti akan mengecewakan para penulis dan tidak ada satu pun penulis yang akan mempercayai instansi tersebut.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan oleh penulis?

Ada beberapa proses yang harus diikuti oleh penulis. Sebelum buku itu naik cetak dan siap untuk diterbitkan serta dipasarkan baik di beberapa toko buku maupun melalui pemesanan secara pribadi, kita terlebih dahulu harus mengirimkan naskah yang telah kita tulis ke instansi penerbit yang telah kita tuju. Tentunya setelah naskah tersebut selesai ditulis.

Ketika kita mengirimkan sebuah naskah ke instansi penerbit, kita harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku pada instansi tersebut. Jika kita menginginkan untuk menerbitkan naskah di penerbit mayor, kita harus benar-benar mengetahui aturan-aturan dan larangan yang harus ditaati oleh penulis. Tidak hanya penerbit mayor saja, hal ini juga berlaku pada seluruh jenis penerbitan.

Setelah naskah tersebut masuk di dalam sebuah instansi penerbit, penulis akan mengikuti beberapa prosedur yang dibuat oleh instansi tersebut. Biasanya, pihak instansi penerbit akan menerapkan proses produksi hingga pemasaran.

Proses produksi

Pemilik instansi penerbit akan memberikan naskah penulis kepada pihak redaksi untuk masuk dalam proses produksi. Setelah itu pihak redaksi akan membagikan tugas kepada partner-nya untuk menyelesaikan tahap produksi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tahap produksi ini terdiri dari proses menyunting (editing), pembuatan sampul atau cover buku, pemberian ISBN (kode unik untuk pengidentifikasian buku), dan proses pencetakan.

Proses produksi ini memakan waktu yang cukup lama. Mengapa? Di dalam proses produksi, untuk satu buah naskah dengan jumlah ratusan halaman harus mengalami beberapa kali proses menyunting, pembuatan cover, dan penataan letak ilustrasi agar naskah menjadi lebih sempurna. Belum lagi proses cetak yang memakan waktu hampir satu bulan lamanya.

Proses pemasaran

Nah, setelah melalui proses produksi yang cukup lama dan cukup panjang selanjutnya adalah proses pemasaran. Proses pemasaran ini merupakan tahap akhir untuk sebuah buku bisa diterbitkan. Proses pemasaran ini bisa dilakukan oleh pihak instansi penerbit maupun secara per orangan. Tidak semua instansi penerbit memiliki fasilitas untuk membantu mempromosikan karya kita. Ini yang harus kita pikirkan sejak awal. Ketika kita tidak mempunyai basic selling yang cukup mumpuni, alangkah baiknya kita mencari instansi penerbit yang memfasilitasi untuk mempromosikan karya kita. Jadi kita tidak perlu bersusah-payah untuk memasarkan karya kita karena telah dibantu oleh pihak penerbit.

Itu adalah sedikit ilmu bagi para penulis terutama penulis pemula yang kebingungan mengenai prosedur agar bukunya bisa diterbitkan dan dipasarkan di khalayak. Semua penulis terutama penulis pemula pasti menginginkan karyanya dapat diterbitkan. Sayangnya, kita terkadang masih suka kebingungan untuk menentukan jenis penerbit dan instansi yang hendak dituju. Harapannya, setelah ini tidak ada lagi penulis yang bingung dengan langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk menerbitkan sebuah buku.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.