Menjadi seorang penulis apalagi bisa menghasilkan karya buku adalah hal yang membanggakan untuk bisa dicapai maka Anda perlu untuk memehami hak dan kewajiban penulis. Tentu saja ini adalah pengetahuan yang memang penting untuk diperhatikan dengan baik. Anda perlu memahami bahwa hak dan kewajiban ini sudah tercantum dalam aturan yang jelas.

Kewajiban Seorang Penulis

 Memahami hak dan kewajiban penulis memang perlu untuk Anda ketahui dengan baik sebelum menjadi seorang penulis yang menghasilkan karya buku terpublikasi. Anda wajib untuk mencantumkan nama asli atau samaran yang diinginkan pada naskah buku. Setiap nama yang tercantum di dalam sebuah buku harus mempertanggungjawabkan pencantuman tersebut dengan baik.

Dalam perundang-undangan Anda juga harus mempertanggungjawabkan isi naskah yang ada di dalamnya. Segala hal yang Anda tuliskan di dalamnya harus dapat dijamin kualitas dan keasliannya. Selain itu, jangan sampai menyinggung orang lain dalam tulisan buku tersebut. Sehingga nantinya naskah buku Anda tidak akan menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Menulis sendiri atau tidak melakukan plagiarisme sangatlah penting untuk diperhatikan dalam menulis buku. Anda bisa memanfaatkan aplikasi khusus untuk melakukan pengecekan plagiarisme secara online. Sehingga nantinya isi naskah yang dipublikasikan aman dari plagiarisme. Hal ini tentu menjadi salah satu kewajiban penting yang harus Anda lakukan sebagai seorang penulis.

Memastikan Hak Seorang Penulis

 Ketika Anda sudah melakukan kewajiban sebagai seorang penulis maka selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda mendapatkan hak yang sesuai. Tentunya hal ini sudah diatur dalam peraturan bersamaan dengan kewajiban seorang penulis. Hak pertama adalah Anda akan memiliki hak cipta dari naskah yang telah dituliskan, ini akan otomatis melekat pada Anda sebagai penulis.

Ketika buku atau karya Anda diterbitkan maka hak selanjutnya adalah mendapatkan data atau informasi mengenai penjualan buku secara periodik. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian Anda karena merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pihak penerbit. Sehingga jika Anda tidak mendapatkannya perlu untuk menanyakan atau melakukan konfirmasi lebih lanjut.

Hak selanjutnya berkaitan dengan keuntungan karena Anda akan mendapatkan imbalan dari hak penerbitan naskah buku tersebut. Untuk hal ini biasanya sudah disepakati sejak awal kesepakatan penerbitan. Sehingga Anda bisa melakukan pengecekan apakah pembagian tersebut memang sudah sesuai dengan kesepakatan dan aturan yang berlaku atau belum.

Jika Anda menggunakan penerbit indie maka keuntungan yang didapatkan juga akan lebih optimal dan bisa disesuaikan lagi. Kesepakatan terutama untuk hak imbalan lebih fleksibel untuk disesuaikan sehingga menguntungkan untuk Anda dapatkan. Berbagai hak dan kewajiban penulis sudah ditentukan dalam peraturan yang berlaku saat ini, sehingga semua pihak harus memperhatikan hal tersebut dengan baik serta mengaplikasikannya dengan benar.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.