Menulis novel bisa juga dilakukan secara bersama-sama dan tentunya ada trik menulis novel kolaborasi yang perlu untuk diketahui. Tentu bukan hal yang mudah untuk menyatukan beberapa pemikiran dalam satu hasil karya yang terbaik. Sehingga Anda perlu memperhatikan langkah yang tepat agar nantinya berbagai kendala yang mungkin terjadi selama proses tersebut.

Membuat Kesepakatan di Awal

Akan lebih baik jika Anda dan partner menulis bertemu dan mengomunikasikan berbagai hal yang berkaitan dengan novel yang akan ditulis. Setiap hal perlu untuk dibicarakan dengan baik, mulai dari tema, outline cerita, plot, hingga tokohnya. Kesepakatan ini juga perlu untuk mempertimbangkan adanya pembagian tugas dan jumlah bab yang akan ditulis. Setiap detailnya harus dibahas dalam pertemuan pertama ini.

Berproses Dengan Menjaga Komunikasi

 Setelah kesepakatan dilakukan maka akan lebih mudah untuk setiap orang mengerjakan bagian ceritanya. Jika pembagian tugas sudah jelas maka untuk pengembangan karakter cerita juga bisa dilakukan dengan baik. Tentunya dengan karakter dasar yang sudah disepakati bersama. Dalam proses penulisan ini masing-masing orang bisa melakukannya sendiri tanpa harus bertemu. Anda juga bisa menentukan batas waktu pengerjaan agar semuanya tetap bisa sesuai rencana. Bagaimana pun setiap orang harus mematuhi kesepakatan itu dengan baik.

Berdiskusi Setelah Bahan Jadi

 Setelah tulisan jadi dan berkumpul, ada baiknya jika Anda dan tim bertemu kembali untuk membahas pengembangan novel tersebut. Tentunya selama proses menulis mungkin saja ada yang memiliki ide baru yang akan menambah kualitas cerita menjadi lebih baik. Sehingga nantinya hasil karya ini akan menjadi lebih optimal dan terjual dengan baik. Anda perlu memperhatikan trik menulis novel kolaborasi yang tepat agar tidak sampai menimbulkan pertengkaran meskipun memiliki pendapat yang berbeda.

Menyepakati Proses Finishing

 Setelah naskah Anda sepakati bersama isinya maka selanjutnya untuk masuk ke proses penerbitan tentunya masih ada beberapa hal yang perlu dibicarakan bersama. Misalnya saja untuk desain cover dan layout buku tersebut. Pertimbangkan ini sangat penting karena akan sangat mendukung tampilan buku di mata pembaca nantinya. Sehingga Anda harus menyesuaikan dengan konsep buku yang telah disepakati bersama.

Menulis novel secara kolaborasi memang memiliki tantangan tersendiri untuk dan taklukkan. Namun jika semuanya dilakukan dengan baik tidak akan ada masalah yang berarti sampai buku tersebut berhasil diterbitkan. Memilih penerbit yang memang tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga membimbing agar buku terbit dengan kualitas terbaik adalah pilihan yang sangat tepat. Maka tidak hanya mengaplikasikan trik menulis novel kolaborasi tetapi memilih penerbit yang profesional juga jadi pertimbangan penting.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.