Salah satu kegiatan penting yang harus Anda lakukan setelah menyelesaikan proses menulis adalah self editing. Proses ini memang harus dilakukan dengan baik dan benar sehingga nantinya kualitas buku Anda bisa dimaksimalkan secara lebih optimal. Dalam hal ini tentu saja ada teknik yang bisa Anda coba apliksikan selama proses menulis sampai karya tersebut diterbitkan dan dipublikasikan.

 

Jangan Langsung Melakukan Editing

 Setelah menyelesaikan proses menulis naskah maka sebaiknya Anda tidak langsung melakukan self editing karena hal tersebut justru hanya akan membuat Anda bosan dan malas. Cara yang terbaik adalah dengan mengambil jeda atau waktu istirahat selama 2 sampai 3 minggu setidaknya. Dengan begitu Anda akan lupa dengan isi naskah secara detail dan bisa melakukan editing secara lebih baik tentunya. Melakukan editing sendiri memang jadi bagian yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

 

Mulai dari Memperhatikan Kesalahan Penulisan

 Biasanya kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah typo atau kesalahan saat menuliskan sebuah kata atau kalimat. Tentu saja jika dibiarkan maka akan membuat para pembaca juga jadi tidak nyaman saat membacanya. Jadi pastikan bahwa semua bagian naskah tersebut sudah ditulis dengan baik dan benar termasuk penggunaan istilah atau kata dalam bahasa asing sudah dimiringkan penulisannya.

 

Seleksi Konten Dalam Karya Buku Anda

 Mungkin memang pada saat merencanakan penulisan buku, Anda sudah merencanakan setiap konten yang akan dituliskan di dalamnya. Namun bisa jadi setelah selesai dituliskan ada bagian yang menurut Anda mungkin perlu ditambah atau dikurangi. Jadi dengan begitu naskah Anda juga akan lebih lengkap dan kualitasnya optimal. Agar tidak mengganggu fokus dan konsentrasi Anda saat menulis maka akan lebih baik langkah ini dilakukan pada saat sedang self editing.

 

Lakukan Pengecekan Secara Menyeluruh

 Saat melakukan pengecekan secara menyeluruh Anda bisa melihat lagi timeline buku yang dibuat sebelumnya. Termasuk juga memastikan bahwa semua konten yang Anda tuliskan dalam karya buku tersebut tidak ada yang menyinggung kaum atau golongan tertentu, termasuk menyinggung soal SARA. Tentu saja self editing dengan memperhatikan hal ini sangatlah penting karena keamanan dari naskah Anda nantinya juga akan menjadi tanggung jawab pribadi penulis.

Melakukan editing naskah sendiri memang memiliki banyak keuntungan karena Anda bisa memaksimalkan kualitas buku menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kelebihan yang dimiliki karya buku Anda sebelum akhirnya masuk ke dapur penerbitan dan dipublikasikan. Tentunya self editing ini nantinya juga akan membantu Anda untuk memaksimalkan hasil dan manfaat yang diberikan dari karya buku ini bagi orang lain.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.