Sumber: My-best.id

Pernahkah kamu, ketika sudah membaca sebuah buku, eh ternyata bukunya tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan? Hm, pasti kesal sekali, kan, bila seperti itu. Kamu sudah kehilangan waktu, bahkan hingga uang untuk buku yang ternyata belum kamu butuhkan saat ini. Kalau begitu, bagaimana cara untuk memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita?

Caranya, simak pembahasan di bawah ini!

 

Cari Tahu Jenis Genrenya

Pertama, pahami dulu genre buku yang sedang kamu butuhkan. Apalagi, saat ini makin banyak genre buku dalam dunia perbukuan. Tidak hanya lagi genre buku pengembangan diri, buku ajar, buku misteri, tetapi ada pula genre buku fiksi sejarah, kontemporer, distopia, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa, sangat penting bagimu untuk mengenali genre buku yang kamu butuhkan guna mengerucutkan pencarian bukumu.

Cerita Fiksi atau Nonfiksi?

Setelah mengetahui genre buku yang kamu butuhkan, selanjutnya pahami apakah kamu membutuhkan buku fiksi atau buku nonfiksi. Ya, terkadang beberapa genre buku dapat mengusung dua tema ini, meski kebanyakan genre buku sudah tampak apakah buku yang dibawakan nantinya adalah fiksi atau nonfiksi. Namun, tetap kamu harus memastikan jenis buku apa yang ingin kamu baca agar kamu lebih menikmati bacaanmu nanti.

Kenali Penulis dan Penerbitnya

Hal tidak kalah penting saat memilih buku adalah kenali juga penulis dan penerbit buku yang menerbitkan. Genre sama, tetapi ditulis oleh penulis yang berbeda dan diterbitkan oleh penerbit yang berbeda, tentu memiliki ciri khasnya tersendiri. Bisa jadi, penulis dan penerbit A sesuai dengan gaya bukumu, sedangkan pada penulis dan penerbit B, kurang sesuai dengan gayamu. Cara untuk mengenali penulis dan penerbit ini bisa melalui media sosial, website, maupun berkaca pada karya mereka sebelumnya yang pernah kamu baca.

Sumber: moneycrashers.com

Baca Dulu Sinopsisnya

Selanjutnya, jangan lupa untuk senantiasa membaca dahulu sinopsis sebuah buku sebelum memutuskan membeli atau membacanya. Jangan sampai salah memilih buku hanya karena merasa judul atau cover bukunya sudah sesuai, tanpa membaca sinopsis yang tertera. Bisa jadi isi buku tersebut tidaklah benar-benar sesuai dengan judul maupun cover-nya. Jadi, sekali lagi garisbawahi, penting untuk membaca sinopsis sebelum memilih buku.

Pertimbangkan Ketebalan Buku

Terakhir, pertimbangkan ketebalan buku yang akan kamu baca. Bila kamu memiliki banyak waktu luang atau memang hobi dan biasa membaca buku, tak masalah untuk memilih buku bacaan yang cukup tebal. Namun, bila kamu tidak memiliki banyak waktu luang atau belum terbiasa membaca buku, alangkah baiknya bila memilih bahan bacaan yang tidak terlalu tebal. Hal ini juga akan meminimalkan kejadian tidak tuntasnya kamu membaca sebuah buku.

 

Bagaimana, apakah cara-cara di atas sudah berhasil membuatmu memilih buku bacaan yang tepat? Bila sudah, langkah selanjutnya setelah membaca buku dan memperoleh banyak ilmu, tentu adalah menulis buku karyamu sendiri. Seperti kata pepatah, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan. Yuk, segera cari penerbit, seperti penerbit buku Malang untuk membantumu membagikan berbagai ilmu, pengalaman, dan kisahmu kepada sebanyak mungkin orang.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.