Hal yang harus Anda miliki sebelum memulai proses menulis adalah alasan kuat menulis. Alasan ini akan menjadi motivasi pendorong yang optimal untuk Anda jaga sampai proses menulis selesai dilakukan. Jadi nantinya Anda akan lebih optimal dalam proses penyelesaian naskah untuk nantinya bisa dipublikasikan tentunya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi dalam menulis.

 

Meningkatkan Daya Ingat  

Menulis memang menjadi salah satu sarana untuk membantu dalam meningkatkan daya ingat. Proses menulis akan membuat otak kiri dan kanan menjadi aktif sehingga tidak mudah lupa terhadap suatu hal. Tentunya hal ini sangat penting untuk diperhatikan dengan baik terutama untuk orang-orang yang sudah mulai berumur dan mudah lupa akan berbagai hal. Jadi dengan mengasah daya ingat melalui kegiatan menulis ini seawal mungkin. Jika bisa dilakukan sejak masih muda tentunya Anda akan merasakan manfaatnya secara optimal nantinya.

 

Menjadi Pribadi yang Open Minded

Kegiatan menulis buku selalu berkaitan dengan membaca buku. Sehingga efek menulis akan meningkatkan pengetahuan Anda menjadi lebih optimal. Anda juga akan memiliki pemikiran yang lebih terbuka karena semakin meningkatnya pengetahuan yang dimiliki. Anda akan mampu melihat sesuatu dari berbagai sisi dan pandangan. Tentunya hal ini memberikan manfaat yang luar biasa untuk perkembangan diri. Inilah salah satu alasan kuat menulis yang harus dioptimalkan dengan baik.

 

Menyimpan Gagasan dan Memberikan Manfaat

Ketika Anda memiliki sebuah gagasan atau ide yang hebat tentunya akan mudah terlupakan jika tidak dicatat karena keterbatasan kita sebagai manusia. Tetapi jika dicatat maka akan lebih mudah untuk terus mengingat gagasan tersebut karena ada bukti fisik yang bisa dibaca kembali nantinya saat dibutuhkan. Selain itu, ide dan gagasan tersebut juga bisa memberikan manfaat untuk lebih banyak orang yang nantinya membaca buku karya Anda. Tentunya dengan begitu ada manfaat lebih yang bisa Anda berikan dari ide yang dikembangkan menjadi sebuah buku tersebut.

 

Alasan Investasi Jangka Panjang

Mulai untuk menulis dan mempublikasikannya dalam bentuk buku maka akan ada investasi jangka panjang yang Anda dapatkan. Setelah dipublikasikan dan kemudian buku tersebut terjual dengan baik di pasaran maka nantinya akan menjadi keuntungan untuk Anda. Bahkan tidak hanya keuntungan dalam bentuk materi, tetapi juga pahala karena memberikan manfaat untuk begitu banyak orang yang membacanya atau bahkan mengaplikasikannya.

 

Berbagai alasan tersebut dapat menjadi motivasi yang mendorong Anda untuk lebih cepat menyelesaikan proses penulisan buku. Tanamkan dalam diri Anda sejak awal alasan atau motivasi pendukung untuk menulis. Sehingga nantinya, ketika Anda mulai merasa lelah atau ingin berhenti alasan kuat menulis buku tersebut akan menjadi pendorong yang tepat untuk dioptimalkan dengan baik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.