Sumber: lontar.id

 

Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing apabila ada pertanyaan mengenai letak kota wisata yang terkenal. Namun, apakah kalian sudah tahu di mana saja letak kota literasi? Hm, emangnya ada, ya? Ada dong!

UNESCO telah menobatkan beberapa kota di seluruh dunia menjadi kota literasi. Kota-kota ini dianggap telah meningkatkan literasi kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, kota-kota ini juga mendukung penuh kegiatan membaca, menulis, maupun karya dan penulisnya.

Nah, kali ini akan dibahas lima kota yang termasuk sebagai kota literasi. Di mana sajakah letak kota-kota literasi itu? Yuk, simak!

 

Jakarta, Indonesia

Sumber: diagnodefernweh.de

Jakarta yang dianggap sebagai kota sibuk, ternyata memiliki masyarakat dengan tingkat literasi yang tinggi. Hal ini tidak luput dari dukungan program pemerintah untuk menyediakan buku di beberapa titik ruang publik. Perlu diketahui pula bahwa 19% penerbit buku di Indonesia terletak di Jakarta.

 

Utercht, Belanda

Sumber: de.dreamstime.com

Utrecht dikenal sebagai surganya toko buku karena beragam toko buku di sana. Di kota inilah, pertama kali buku dicetak. Di kota ini pula, banyak acara festival sastra besar diadakan dan penulis buku.

 

Melbourne, Australia

Sumber: bangbenard.com

Melbourne adalah sebuah kota yang mendukung penuh penulis untuk berkarya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya acara ataupun organisasi sastra yang diadakan oleh Melbourne. Masyarakatnya sendiri pun sangat senang dan rajin membaca buku.

 

Baghdad, Irak

Sumber: ganaislamika.com

Baghdad dikenal sebagai kota yang sangat melindungi hak penulis. Kota yang merilis beberapa surat kabar dalam tiga bahasa ini masih terus memerangi buta huruf. Usaha yang dilakukan dengan mengadakan berbagai acara sastra, salah satunya festival berpuisi.

 

Edinburgh, Skotlandia

Sumber: winnetnews.com

Edinburgh, kota pertama yang dinobatkan sebagai kota literasi. Bagaimana tidak, Edinburgh telah melahirkan banyak penulis sastra terbaik. Kota ini menjadi kota acuan bagi kota-kota di seluruh dunia untuk membentuk kreativitas yang baik.

 

Itulah lima kota literasi yang telah dibahas. Yuk, bersama-sama menjadikan banyak kota di Indonesia sebagai kota literasi. Kota yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan membaca, menulis, hingga menciptakan jasa menulis buku. Bahkan, melahirkan para penulis yang luar biasa.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.