Sumber: blibli.com

Siapa di antara kamu yang senang menulis? Pasti kamu sangat merasakan bagaimana internet begitu berperan dalam membantumu mencari informasi terkait ide yang kamu tulis. Benar, bukan?

Coba bayangkan, kira-kira bagaimana dulu seorang penulis mencari referensi ketika belum ada internet? Sudah pasti, mereka harus membaca berbagai referensi buku terlebih dahulu, kan? Namun kini internet hadir dan mengubah segalanya. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut!

Bagai Rumah Makan, Internet Menyuguhkan Berbagai Menu Informasi

Siapa sih yang tidak tahu kalau “Mbah Google” memiliki banyak sumber informasi yang tak pernah ada habisnya? Ketika mencari suatu informasi mengenai hal yang kamu butuhkan untuk tulisanmu, kamu cukup membuka gawai atau laptop, lalu meluncur ke mesin pencarian dan mengetik kata kunci. Dengan ini, berbagai informasi yang kamu butuhkan telah tersedia.

Dari berbagai informasi yang telah tersedia itu, kamu bisa mendapat pengetahuan baru yang tentunya akan memudahkanmu dalam menulis. Bahkan, kamu bisa memparafrase tulisan orang yang kamu temukan di suatu website untuk tulisanmu! Hebat, bukan?

Kamu yang awalnya berpikir begitu keras tentang suatu hal untuk keperluan tulisanmu, kini telah dimudahkan dengan adanya mesin pencarian. Namun ingat ya, tidak semua sumber informasi dari internet itu kredibel sehingga kamu tak boleh asal comot saja. Dan yang tak kalah penting, setiap informasi yang kamu ambil dari internet, harus kamu cantumkan sumbernya juga ya! Kamu pasti tidak mau menjadi seorang plagiarisme, kan?

Internet Menawarkan Menu Informasi yang Cepat Saji

Kamu pasti setuju kalau mencari informasi di internet lebih cepat daripada mencari informasi di buku, bukan? Bayangkan saja, hanya dalam hitungan detik berbagai informasi yang kamu butuhkan langsung  tersedia.

Beda halnya ketika kamu mencari informasi di buku. Kamu harus pergi ke perpustakaan atau ke toko buku terlebih dulu, setelah mendapatkan buku yang kamu inginkan, kamu harus membaca setiap halaman dari buku yang kamu pinjam atau beli untuk mencari informasi yang kamu butuhkan.  

Hadirnya internet telah memberi penawaran menukar semua waktu yang kamu gunakan untuk pergi ke toko buku atau perpustakaan itu dengan cukup duduk manis di depan laptop sembari berselancar di mesin pencarian.

Internet Bisa Dibawa dan Membawa Kita Ke Mana Saja!

Apakah kamu adalah orang yang suka menulis di kafe atau working space? Pernahkah ketika sudah sampai di sana, ternyata buku yang akan kamu gunakan untuk sumber rujukan tertinggal di rumah? Hmm, apes ya!

Nah, di saat seperti itulah internet hadir sebagai solusi yang dapat membantumu mencari informasi di mana saja dan kapan saja. Tentu ini dapat tercapai selama kamu ada WiFi atau paket data internet, dua hal yang wajib kamu miliki salah satunya! Selain itu, kamu juga bisa mencari soft file atau informasi mengenai isi buku atau sumber rujukan tersebut di internet. Enggak percaya? Coba saja!

 

Yap! Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa internet telah mengubah cara kita dalam menulis. Namun ingat, ya! Tidak semua informasi yang ada dalam internet dapat dipercaya sehingga ketika mencari informasi untuk tulisan, kamu harus teliti agar tulisanmu tidak mengandung hoax. Kalau kamu senang menulis, kamu bisa mencoba menjadi seorang ghostwriter, lho. Sudah tahu kan apa itu ghostwriter?

Ghostwriter adalah sebuah profesi yang menyediakan jasa menulis buku. Target pasar profesi ini adalah orang-orang yang ingin memiliki sebuah karya dalam bentuk buku, tetapi dengan bantuan orang lain. Bagaimana, tertarik ingin mencobanya?

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.